Dulu, aku jatuh cinta dengan seorang taruna

Septian Hermawan Saputra

Si Ganteng ;)

Apa artinya taruna? Karang Taruna? Sejenis hewan laut? atau makanan?

Pernah, aku menemui seorang teman, aku dan teman-temanku menyebutnya dengan “pecinta taruna”. Dan bukan cuma seorang teman, tapi banyak sekali wanita di seluruh pelosok ini, (akui saja), juga mencintai taruna.

Bahkan ada di antara kalian, mungkin, punya prinsip “pacarku harus seorang taruna”.

Liat-liat di friendster, aku juga menemukan komunitas pecinta taruna. Dan sejenisnya.

Taruna, merupakan lulusan SMA yang melalui seleksi ketat (entah pake duit atau tidak), diterima di AKADEMI POLISI, AKADEMI MILITER, AKADEMI ANGKATAN LAUT, dan AKADEMI ANGKATAN UDARA dan dibentuk agar memiliki mental militer, dididik dengan cara-cara khusus, agar nantinya bisa mengabdi untuk negara jadi polisi atau tentara. (gitu kurang lebih dengan definisi yang aku bikin sendiri)

Apa yang menarik dari seorang taruna? Seragamnya kah? Saat itu aku berpikir, kenapa mau jalan-jalan aja harus pake seragam. Apa gak punya baju lain, atau gak punya sense of fashion yang ok? Terus apa?

Their tanned skin? boleh lah. Tapi, itu bukan satu-satunya ukuran kan, untuk kita jadi jatuh cinta dengan seorang taruna.

Aku pernah ngobrol dengan seorang teman “Punya kebanggaan tersendiri menjadi seorang taruna”

Lalu apa kebanggaan itu?

Yang jelas, (harus ku akui), dulu, aku pernah sangat jatuh cinta dengan seorang taruna. Karena dia pintar, baik (smua cowo pasti baik kalo ada maunya), wise, ganteng, dan membuatku (mau ga mau) selalu kepikiran dia.

Tapi, sayang, dia seorang taruna.

Begitulah, bulan-bulan awal aku punya pacar taruna, aku merasakan amat sangat banyak kendala yang aku hadapi. Terutama dengan kesibukannya. Ketika dia masih menjalani pendidikan di Akademi Militer, Magelang.

Aku semakin tak habis pikir “lalu apa yang mereka suka dari seorang taruna?”

*Sekarang, aku masih jatuh cinta dengan taruna itu, yang sekarang sedang mengabdi untuk negara sebagai seorang perwira. Semangat ya, sayang.

55 thoughts on “Dulu, aku jatuh cinta dengan seorang taruna

  1. taruna tu nyebelin…
    gk dapat dipercya…
    aq pcaran ma pcar qu sebelum dy jadi taruna…
    setelah dy jd taruna dy berubah…
    playboy…
    hehe,,,
    curhat online euy…

    hehe.. emang ketika jadi taruna bisa merubah karakter seseorang jadi ngerasa lebih dibanding yang lain. mungkin balik lagi ke individu masing-masing ya.. playboy, nyebelin, atau perubahan apa pun sebenarnya gak cuma berlaku buat taruna, ga si. cowok mana pun bisa. bahkan kita pun bisa :mrgreen:

  2. Taruna…artinya siap “ditaruh (ditugaskan) dimana-mana”…….he…he…he…..

    Tp byk kok taruna2 yg baik….walau bgm napun mrk adalah orang2 pilihan….laki-2 pilihan….

    Do not worry….lah, steel yaqiin aj klw memang sdh mrs cocok n mantap & jgn lupa berdoa…

  3. mmmm…. lam knal mba…

    gimana ya mau cerita…

    dulu aku emang jatuh cinta ma taruna (mungkin sekarang pun masih iya) hehe….

    mba itu “mas” nya lulusan th brp???

    yagh… sbg rekanita kudu sabar menghadapi semua masalah…

    n yg pasti kudu siap ditinggal tugas…

  4. mm ,, mang taruna bnyk kelebihan ..
    aku pun sedang jatuh cinta sama taruna ..
    tpai kadang jauh dari mereka buat hati kita was-was ..
    deg-degan ..
    campur dehh ..
    aku yakin kok dy setia ..
    amien ..

    • bner mb sera :),,yg jlas aku mncintai tarunaku yg saat ni alhamdulilah ud mlai mngabdi sbg perwira dg tulus,,bkn karna sragamna,,tp kegigihan dy :)
      sdih kdg2 saat yg lain sm pcrna,,bs fto2 mesra sdgkan aku terpisah laut nd gunung oleh dia :)
      kdg ada saatna aku g bs mngerti kesibukanna dan di semprot sm c mas :P
      tp aku nikmati smua itu :)
      aku hrap bs sgera mndampinginya d ujung NKRI :)

  5. Mba’
    a pngen curhat,
    a pnah pny cwo,dia sblm jd taruna,tp stlah jdi taruna,a puTusn dia,krn a anggap taruna it ga bgus.pdhal bokapQ jg abdi negara alias tentara,tp pd saat it a benci tentara.namun saat ini,a ingin ktmu dia,tapi ntah dmana?mgkin dh tingkat akher..

  6. taun skrg pcrku bru mnjadi taruna.
    qt dah pcran dr smnjak SMA!
    klo d itung2 sampe skrg,udh 5 taun.
    kalo udh jd taruna,trs dah pcaran 5 taun,pa dy msh bisa slgkuh y?!
    duuh,jd parno gini……

  7. aq da ibu2.anak da mau 2.kbtln suami jg perwira,pesenq cm satu:never love someone as a man in uniform.terima aja apa adanya,satu paket gt, coz kl da nkh pahit manis pedes n asem yg sbnrnya br terasa..

  8. huum………. blog na bagus….. yupz… sesama rekanita harus siap di sisi taruna nya…. taft buat ngadepin keadaan appun itu,,,, cie… jd curhat nich…

  9. Ass. Wr. Wb,
    Pgn sharing aja neh mba2, mas2, tante2, om2 dan kakak2 sekalian…. He he he… Aku skg sedang menjalani hubungan dengan seorang calon perwira (insyaAllah akan masuk bulan january ini..doakan saja ya!) Walaupun blm bertemu tp aku tetep yakin dan percaya sm dia. Rencana nya dia akan menemui ku setelah ia resmi menjadi seorang perwira dan sudah mempunyai tanggung jwb untuk mengabdi kepada negara.. Bangga banget ya punya pacar seorang abdi negara? :P btw, pacarku rencana nya ingin sekali ikut tim divisi garuda.. Jujur saja, hati ini sangat resah apabila memikirkan karena akan ditinggal lama sekali huhu jd curhat gini maaf ya

  10. mbak… kok gak nulis blog lagi bulan desember ini..? aku suka lho baca2 blognya mbak dina.. ^^.. sampai aku bookmark.
    met liburan akhir tahun ya…

    salam,
    estin

  11. yach taruna aq jg pnya story dgn seorang taruna…………….. yg sampai saat ini msh melekat dihati dan pikiran q, walaupun kini kami telah saling memiliki yang lain.jauh dilubuk hati q, aq msh syg dia………… taruna oh taruna kini tinggal kenangan.

  12. slam knal…..

    q pgen crita dkit neh,,,,
    mnurut q pny keksih seorg perwira asyix tp btuh ksabaran agk extra,,,,,slain tu bkin was2.

    q jg mrasakn tu sma,tp skrang dy mutuzin q karna ia pergi k halmahera,sdangkn q di jateng.dy tkut mnyakiti q,,,,,dg kpergiannya,pdahal tak sdikitpun q mmpermsalahkn hal itu,q msh syang dya,.
    huhuhu hi
    ichickxxx ;-(

  13. assalammualaikum kak….

    sampai saat ini aq masih pecinta perwira,,, walaupun kadang sang perwira q buat aq jenuh menunggunya… aq yakin kalau seorang perwira pasti akan tetap cinta kluarga, cinta agama n akan slalu mengabdi pada negara….

  14. ass

    mba…mw curhat dkit nii….

    aq seorg mahasiswi sem 7 dPTN di ygya….ltar blakang kelQ smw TNI..kakek n ayahQ smw TNI…terbiaas hdup dling TNI..bkn berartii q bosan dg mereka..malh kbaliknna..aq seorang pecinta taruna…pa lg aq berada d ygya yg dsana terdapat AAU,,,uh bngga..haru..bhagia rasanya jklau bertemu n berpapasan dg mereka…serasa dpt kado teribdahh..padahal hnya bertemu doank..pa lg bsa mmlikina yua..huft..bhagia bkan kepayang….

    diantara tman2Q q yg msi singgle…berbagai car tlh dlakukan ma tman2Q mlai dr mngenalknQ dg berbagai mcam tipe cow,,,tp nda ad yg sreg di hati..smpai2 tmanQ pda kesel dgnQ…dsar pecnta tarunaa…..hihi,,,tu jlukn mereka pdaQ…

    sampai2 dharii ultahQ q di hadiahi miniatur bju taruna ma shbt2Q,,,bhagia bkan main..yaa cma bju tu yg bsa q pndangii tuk saat ne..mg2 bntar lg ia dtg mngsi hr2Q kedepan dg pnuh kgembiraan..amien y robb

    ya mpe saat nee q msii berpegang tguh dg prnsipQ tuu mmliki pacar yg klak akn mnjadi imam bg aq n kelQ klak seorang perwita TNI akmil.. yg mnjujnjung tnggi perintahMu n mnjauhi sgala laranganMu..n tentunya sangat mncintaiQ n keLuargaQ..amien y robb….

  15. aku pacaran sm taruna, kenal di kereta lodaya jogja-bandung taun 2007 akhir. kita seangkatan, akhirnya pacaran juga pd agustus 2009 sampe skg… tapi rasanya ga enak bangett, bosen ditinggalin mulu… sebulan paling banter 2x ketemu aja… nyiksaaa

  16. kalo buat aku taruna itu adalah laki-laki yang mendekati sempurna.. sedikit pngalamanku brsama taruna. bln desember lalu ak baru d ajak k pesta korps sama tarunaku. senengnyaa :D. emg sih di tinggal pndidikan tuh nyiksa. pesiar gk tentu.mana kita beda kota.apalagi klo lg kangen. hiks.
    buat para rekanita, kita senansib spenanggungan sista, smoga hub kita dgn para taruna ttp berjalan langgeng. dan kita selalu diberikan kesabaran untuk menunggu dan menghadapi sikap mereka yg berubah ketika sudah mnjadi taruna. yakin aja. walaupun sikap berubah tp hatiny masih setia untuk kita2 para rekanitanya.

  17. Jd pacar perwira itu emg butuh kesabaran extra.. Apalgi long distance, ampuuuunn…! Tp ya ttp husnudzon sama perwira’mu.. Pertahankan apa yg sdh dibangun slama ini..

  18. Just same experience….
    Nggak tau kenapa, setiap kali ngeliat anggota militer terus aja kepikiran, dan lagi, dari dulu aku juga udah jatuh hati sama seorang anggota militer. apa yang bikin jatuh hati pun aku juga bingung sampai hari ini mbak, mbak. Minta tips.nya saja biar aku berhasil mendapatkannya……..:)

  19. dan akupun mulai jatuh cinta ..
    entah apa yang mendasari ?!!!
    seragam nya kah ?
    ato upacara pedang pora ?
    ato suatu kebanggaan ?
    sampai saat ini aku masih belum menemukan jawaban untuk pertanyaan semudah dan se simple itu ..

    yang aku tau , ak akan terus berdoa untuk ke suksesaannya ..
    bagaimana pun dy dan bagaimana pun keadaannya ,
    satu janjiku padanya ,
    ak akan slalu ada untuknya ..
    smoga dy mengertii dan dy mengetahui nya ,,
    entah esok ataopun suatu hari nanti ..

  20. MAU DIA TARUNA BAIK BINTARA ATAU TAMTAMA SEKALI PUN ITU SUATU PEKERJAAN YANG MULIA BANYAK JUGA TARUNA YANG SOK ADA JUGA BINTARA YANG BELAGU MASIH ADA TAMTAMA YANG SOK MANTAP SEMUA HANYALAH PANGKAT TITIPAN DARI TUHAN YANG TERPENTING BAGAI MANA KITA BISA MENJALANKAN SESUAI AMANAH YANG DIBERIKAN ALLAH SWAT

  21. huuuuu lagi2 perwira. knp sih wanita skg suka dg periwra?? emngy g ada lagi apa?? aduh jgn terlalu mngharapkan mbak2.. jodoh ditangan tuhan g jodoh ya sudah lah….

    wanita suka dg periwra cz 1 pangkat paling tinggi n pengen nya sllu diatas dr antara mereka2!!! nanti jdnya saingan trus yg lainnya mau dikemanain?????
    ada perwira jelek tp ttp disosor hhhhhhhhhh coz saking g tahan pgen py kks perwira..! olalalalala. itu jg merupakan suatu kebanggan jg tah???

    knp membanggakan diri ssorang pdhal kita masi blm bs bangga
    biar sm2 bangga ayo jd wanita yg sukses berakrier smua biar sm rata dapatnya. kalau bisa ni buat cwek2na jd guru lbh baik cz jaya skg… ayo2 pindah ke guru aja hehehehehehehe

  22. Mau ikutan curhat nih hehe
    Dulu sempet pacaran sama kadet, sudah sempet juga dikasih kalung dinas
    Tapi ya emang dasarnya bukan cowok baik2, ya sudah semuanya selesai
    Tapi alhamdulillah sekarang sudah dengan sermatutar akmil yang insyaallah juli besok pelantikan
    Buat para rekanita, yang sabar ya menunggu para tarunanya :)

  23. dulu… aku jatuh cinta dengan seorang taruna,
    sekarang…. masih juga (malah tambah) cinta hahaha :p
    salam kenal dan salam galau ya rekanita sekalian, sabar-sabar yaa :)

  24. kalo denger taruna, suka inget kenangan sama mantanku, Taruna AAU (karbol)
    12 juli 2012 kemarin dia resmi dilantik menjadi Letda. Sayang, semua yang dia miliki skrg, pangkat & jabatan membuat sikapnya berubah, angkuh :(

  25. aku sekarang pacaran sama salah satu taruna akpol. tahun depan dia selesai pendidikan. kita pacaran baru 6 bulan. kenalnya pun dari dunia maya. awalnya aku terima dia cuma iseng2 aja, cuma pengen ngerasain punya pacar taruna. tapi dia kasih perhatian penuh. curi-curi waktu buat hubungin aku walaupun cuma 3 menit, bahkan dia sampai sembunyi di balik lemari cuma buat webcame aku. setiap hari dia sllu berusaha kasih kabar. sebulan jadian akhirnya kita ketemuan di jakarta. oya kita berdua ini beda kota, dia dari padang semntara aku dari bengkulu jadi akhirnya kita sepakat ketemu di jakarta. 4 hari terindah yang dia kasih buat aku karna dia cuma dapat weekendnya 4 hari. kita sempat fotobox jg fto studio. semenjak ketemu itu aku baru ngerasain sayang banget sama dia. dia juga mulai cerita tentang keluarganya. dia bukan dari keluarga kaya raya, ibunya seorang guru dan ayahnya supir bis tapi dia brusaha membuktikan ke semua orang yg ngeremehin dia kl dia bs masuk akpol tanpa harus pakek uang. itu yang buat aku semakin cinta sama dia.dia juga ngenalin aku kekeluarganya, bahkan dia juga berusaha masuk kekeluarga aku. setiap pesiar dia pasti bbm mama sama sodara kandungku. begitu juga aku setiap seminggu sekali aku harus menghubungi keluarganya. sekarang dia udah jadi yang paling senior jadi untuk komunikasi sudah lancar setiap malamnya dan setiap ada waktu kosong dia pasti gunain buat hub aku, sampai-sampai dia sering ketiduran kalo webcamean. sungguh gak tega kalo udah liat dia ketiduran gitu. dimana seharusnya waktu dia utk istrht tp dia ttp brusaha hub aku. sebenarnya aku kangen banget sama dia. bayangkan 6 bln pacaran ketemu cuma 4 hr. tapi aku berusaha menutupi semua perasaan ku. aku berusaha tetap tegar didepannya. walaupun terkadang dia suka melampisakan setiap masalahnya disana ke aku. setelah 4 bulan pacaran dia mulai sering ngatur kegiatanku, cemburuan, masuki bulan ke 5 kita sering berantem. dalam seminggu bisa 2kali berantem. bulan ke5 ini bulan terberat dalam hubungan kami sejauh ini. dia suka marah2, egois, dan cemburuan. tapi aku selalu sabar buat ngalah. kalo dia udah sadar dia baru minta maaf, dia sllu bilang dia kayak gitu karna sayang ke aku. masuk bulan keenam dia mulai berubah. sekarang dia udah mulai sabar, tapi tetap aja masih membatasi pergaulanku. pulang kuliah aku harus langsung pulang, kalo aku pergi sama temen-temen pas dia lagi kosong pasti bakalan di hubungin terus, padahal aku jarang pergi sama temen-temen dan sabtu minuggu aku harus stay dirumah buat nemenin dia pesiar. selama pacaran dia pesiar gak pernah keluar selalu di asrama dan selalu webcame sama aku sampai jam pesiarnya habis. itu juga yang buat aku sedikit tenang dan percaya ke dia. bulan desember ini dia mau mempertemukan aku dengan orangtuanya. akhir desember itu ada pesta akhir tahun akpol jadi dia menyuruh aku datang dan aku juga sekalian mengenalkan dia ke orangtuaku. sejauh ini hubungan kami masih sangat harmonis. butuh kesabaran ekstra menjalaninya karna begitu banyak pengganggu yang datang dari sana-sini. walapun masih berumur jagung tapi kami punya banyak impian yang sudah kami susun bersama. kuncinya hanya kesetiaan, kesabaran dan kepercayaan.

    tak apa berjauhan, anggap saja jarak itu seperti mengencangkan sebuah tali. makin ditarik makin kuat ikatannya. oke para rekanita harus bisa menjadi strong women :)

  26. Keren commentnya. Buat para gadis yang masih dan ingin mencintai TARUNA, Cintai mereka jangan dari seragamnya. Cintailah mereka dengan ketulusan hati dan memang kamu ingin bermasa depan dengan pria itu. Jauh, sering ditinggal dan long distance bukanlah suatu alasan. Bahkan seorang tukang becak pun pergi meninggalkan keluarganya untuk bekerja mencari nafkah, apalagi seorang TARUNA yang dididik menjadi calon pemimpin bangsa dan negara. So, be patient jadilah WANITA tangguh dan pantas untuk mereka. Karena dibalik kesuksesan seorang LELAKI terdapat WANITA hebat dibelakangnya.

  27. pacar aku seorang TARUNA :D dan udah 1 tahun 3 bulan hubungan kami , akunya kebanyakan di tinggal . tapi gapapa positif thingking aja kalo semuanya kan buat masa depan juga :) hehe . jadi pacaran dengan seorang TARUNA itu harus extra sabar dan jangan pernah ngeluh .

  28. sebuah cerita dan sebuah kenangan yg paling indah kalau ingat hal hal seperti blog di atas :) semoga dia baik2 saja disana, 2010 sampai sekarang itu memang benar2 mengujiku :)

  29. mau curcol sedikit :)… aku belum pernah sih ngalamin pacaran dengan taruna yang masih pendidikan, tapi untuk dekat dengan alumni taruna sudah beberapa kali.. awalnya aku gk suka dengan mereka yang berseragan itu. mungkin karena papa seorang tentara,lahir dan di besarkan dalam asrama tentara, jadi biasa memanggil tentara dengan sebutan OM dan melihat mereka sudah tua..aku sendiri gk pernah berfikir untuk memiliki pacar berseragam seperti itu.
    seiring bertambahnya umur yang makin dewasa dan aku bertemu dengan seorang perwira TNI AD aku mulai tertarik. sebut dia A.dia sangat sopan,ibadahnya bagus,baik,dan perhatian denganku, bahkan obrolan kita sangatlah nyambung karna kita sama-sama anak kolong dan orang jawa.. disaat aku mulai tertarik dengan A tiba2 dia menjauh perlahan-lahan tampa aku tau apa alasannya. sumber terpercaya yang satu kantor olehnya pun hanya menyemangatiku saja.. dan setahun kemudian aku kemudian dekat dengan juniornya sebut dia B seorang perwira TNI AD juga. B mendekatiku dan memberi perhatian juga ke aku.. aku takut dan tidak berani berharap, untuk mencoba tertarik saja rasanya takut kecewa lagi..dan benar perlahan-lahan dia jauh.. sumber terpercaya yang satu bataliyon olehnya menberithu aku , aku tau dia tidak enak dengan seniornya A karna kau pernah dekat dengan seniornya..namun sebenarnya sebelum B mendekati aku dia sudah tahu aku pernah dekat oleh A. gk lama setelah aku mengetahui alasannya jauh dari aku, aku tau dia balikan oleh mantannya :’(
    kecewa,sedih,sedikit truma jg.. gk habis pikir apa yang mereka mau, seperti itu kah mereka? seenaknya mainin perasaan wanita? mereka jahat..itu yang ada di pikiran aku.
    kemudian aku bertemu dengan seorang laki-laki. sebut dia C. pertemuan kita sangat tidak di duga dan sangat singkat.. saat kami berkenalan aku gk tau siapa dia .. setelah kami BBMan beberapa lama aku baru mengetahui ternyata C adalah seorang perwira TNI AU, selisting dengan A. kenapa aku selalu bertemu dengat alumni taruna??aku takut kecewa alai, itu yang ada di pikiran aku. namun karna aku terlanjur mulai tertarik dan merasakan ada benih-benih cinta maka aku memutuskan untuk menjalaninya.saat itu dia sedang sekolah di bandung dan saat kami bertemu dia sedang IB, kita tinggal di kota yang sama. namun setelah beberapa waktu mengenalnya ternyata C dinas di ujung indonesia, dengan sinyal yang jelek jarang pulang.. awalnya sangat sedih, karna aku tidak pernah mengalami LDR. tapi C meyakinkan aku kalau dia sayang denganku dan dia disana untuk tugas bukan main-main…untuk komunikasi sangatlah jarang, C sosok yang sangat cuek di tmbah dengan sinyal yang jelek makin memperburuk komunikasi kita. tapi kita tidak pernah berantem. aku berfikir, untuk bertemu jarang, komunikasi susah,sekalinya bisa tlpan percuma klo dihabiskan untuk berantem. 7 bulan tidak bertemu,saat C dpat cuti kita hanya bertemu 2 kali karna dia pun memiliki keluarga dan teman, jadi aku harus mengerti bahwa yang kangen olehnya bukan hanya aku.jika kita bertemu dia sangatlah manis,lembut,tegas, sopan, aku menyukai kewibawaannya walau aku kurang suka sikapnya yg cuek ke aku.orang tua aku merestui hubungan kita, dia pun sangat pintar mengambil hati ortu ku walau kadang suka lucu klo melihat kecanggungannya di depan papa.. kita menjalani hubungan ini dengan bebas tidak saling mengekang. jika dia memang di jodohkan tuhan untuk ku, aku mensyukurinya. namun jika tidak, percayalah tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kita. dengan siapa pun kita berjodoh nanti tetap syukuri.. tuhan selalu memiliki rencana yang indah untuk kita.

    “mungkin tuhan menginginkan kita bertemu dengan orang yang salah dahulu sebelum bertemu dengan orang yang tepat”-mario teguh-

    maaf kalau ada yang kurang berkenan dengan cerita aku.. ini cuma sharing pengalaman aku aja :)

  30. Dulu pernah aku begitu benci dengan sosok yang namanya serba angkatan , dan gak akan pernah berpacaran dengan nama serba angkatan. entah kanapa aku malah jatuh cinta dengan seorang angkatan :)

  31. yaa….perwira itu meninggalkan sebuah cerita yg belum selesai ending story nya… pengalaman pribadi, bulan agustus 2013 tepat dimana umat islam merayakan idul fitri.. dengan bahagianya aku ke rumah calon pacarku yg seorang perwira aau sebut saja ” A “, keluarganya sangatlah perfect dalam menentukan pacar… secara gue hanyalah seorang guru yg mengajar di sekolah internasional disurabaya, dan keluarga besar dia hanya seorang penduduk aslin purwokerto, namun itu tdk menjadikan ku alasan untuk meninggalkannnya, namun setelah kita kembali pulang…. dia berubah, dan mulai mengabaikan sms dari ku, hingga sekarang…. saya tidak tau kemana hubungan ini berlanjut… namun disini saya hanya bisa mengucapkan terima kasih ” A” telah memberi perubahan dan sebuah kisah terpendam…..

  32. bentar lagi mau ditinggal sama calon perwira. sekarang aja doi blm diterima di akpol, doi sibuk nya ekstra. sulit sekali untuk sehari bersamanya. but i’m feeling will always fine…. percaya aja klo mereka ngelakuin ini utk masa depan.

Leave a Reply

