Cerita dari Istri Tentara

181558180l

Obrolan ku dimulai ketika aku terjebak di rumah seorang tentara. Wuih, kesannya kaya lagi di medan perang aja ya? hehe. Saat itu aku sedang berkunjung sebuah asrama markas tempur angkatan darat. Misi ku kali itu, berkunjung. Ya, berkunjung saja! Pengen tau gimana suasana tempat para militarian itu berkumpul.

Namun, ketika berkunjung, seorang yang seharusnya menemani ku, tiba-tiba dipanggil. Judulnya, kumpul data katanya. Entah apa yang diobrolkan dalam perkumpulan itu, tetapi, inilah hal pertama yang aku simpulkan. Kegiatan militer itu ternyata tidak selalu dengan schedule yang rapih. Bahkan cenderung dadakan semuanya. Jadi harus monitor dan siaga terus kemana-mana. Mungkin itu terkait juga dengan senior atau junior nya tentara tersebut dalam sebuah satuan. Kalau masih junior, yah pasti selalu jadi sasaran tugas-tugas dan perintah ini itu. Tapi, katanya si ini gak berlangsung lama (stahun gak lama, kan?) Setelah memiliki junior lagi, tugas-tugas akan menjadi lebih ringan. *nasib jadi junior*

Well, kurang lebih 4 jam aku menghabiskan waktu ngobrol dengan ibu itu. Lebih tepatnya mendengarkan banyak cerita tentang pengalamannya menjadi istri tentara, layaknya memberikan tips pada calon pengantin yang akan menikah dengan seorang tentara (padahal, berulang kali aku menekankan bahwa rencana itu tidak dalam waktu dekat ini).

Buat para wanita, jangan mengharapkan materi dari tentara. Mereka gak punya itu. Harus terima apa adanya, gaji tentara yang ‘katanya’ pas-pas an itu. Tinggal di rumah sederhana juga. Kalo mau  istri yang berfoya-foya sebaiknya jangan jadi istri tentara, mending jadi istri pengusaha sukses aja. Kata ibu itu, pinter-pinterlah mengatur uang belanja, karena yang ada, ya, cuma segitu. Seberapa dikitnya, aku sendiri juga kurang tau, selain itu juga ga enak ngomongin gaji pacar sendiri ;) (anyhow itu tergantung dari cara kita mensyukurinya, sedikit, tapi bersyukur, mungkin gak akan jadi masalah). Selain itu, adalah wajib hukumnya, untuk turut peduli dengan kesejahteraan anggota. Maka, tak jarang, kocek pribadi pun turut ambil andil.

Sedikit ngomongin tentang enak nya, katanya jarang tentara yang kawin lagi (kawin lagi jarang, tapi selingkuh? Mmmhh meragukan ;) ), kecuali masalah nya udah parah banget. Jadi, sedikit tenang kalo jadi istri tentara, sedikit sekali yang kawin cerai walaupun ada. Untuk kasus-kasus asusila yang dilakukan tentara, akan sangat mempengaruhi karir si tentara tersebut. So, biasanya tentara (yang waras) lebih memilih untuk tidak bermain api daripada karir militer nya hancur. Tentunya siapa yang mau menghancur kan karir  dengan segala perjuangan yang udah susah payah di dapat (untuk menjadi tentara, banyak banget seleksi nya, hanya yang pantas, yang menang).

Menjadi istri tentara, jangan berharap terlalu banyak untuk dipuji, atau digombal2in (walaupun udah jadi naluri setiap lelaki, untuk jadi penggombal). Karena seringkali mereka buruk untuk itu, sekalinya ngegombal, rasanya kok garing dan ketauan ‘basi’ nya. Hehe, lingkungan pergaulan membuat mereka terlalu asik dengan dunia mereka sendiri *autis*, jadi kadang gak ngerti how to treat his princess well.

Si ibu menekankan bahwa yang penting bisa volley, tennis, dan nyanyi! Aku mengkerutkan dahiku. Ya, ternyata di sebuah batalyon (semacam markas TNI) ada tips khusus agar selamat menjadi istri tentara. Bisa melakukan ketiga aktivitas itu. Hualah, aku sendiri agak bingung apa hubungannya menjadi istri tentara dengan volley, tennis, dan nyanyi. Ternyata bukan straight to the activity, tapi lebih kepada relationship nya. Sangat penting, bisa membawa diri dan menjalin hubungan yang baik dengan sesama istri-istri tentara (Ibu-ibu PERSIT) baik atasan maupun bawahan. Mungkin saat itu, ibu komandan suka dengan 3 aktivitas itu. Anyway, kalau suatu saat aku jadi ibu komandan (aminnn) anggotanya harus bisa berenang dan berkuda. Walahhhh, heboh benerr! :D Dan ternyata, bukan hanya para suami (tentara) yang banyak kegiatannya. Ibu-ibu nya pun gak kalah banyak. Kalo suami-suami bisa rapat atau latian sampai tengah malam, ibu-ibu nya gak mau kalah, bisa arisan (ngobrol2, sorry to say ‘gossip’!) sampe tengah malam juga. Itu semua tergantung dari istri komandan nya. Jadi, nasibbb, kalo dapet komandan (dan ibu komandan) yang insomnia (penyakit susah tidur), bisa-bisa kebagian gak boleh tidur juga. Bah!

Hati-hati bercanda dengan ibu komandan, jangan pernah merasa sok akrab. Salah-salah bisa kena tegoran. Wah, serem juga yah, seperti ada barrier dalam bergaul. Padahal sering kali bercanda itu sangat ampuh untuk mencairkan suasana dan menciptakan kehangatan. Dari obrolanku, menjadi istri tentara memang banyak sekali aturannya. Kadang kita harus melakukan yang gak kita suka. Tapi, mungkin, ada baiknya jangan terlalu parno duluan menjadi istri tentara. Sebenarnya menjadi istri siapa pun, atau peran apa pun yang kita miliki di dunia ini, terdapat keadaan memaksa yang sebenarnya gak kita inginkan, tapi harus. Mungkin lebih baik, kita gak boleh berhenti belajar untuk ikhlas.

Yang harus menjadi perhatian juga, karena biasanya keluarga tentara tinggal di asrama militer, jadi, hubungan dengan tetangga akan sangat dekat. Mungkin agak berbeda dengan sebagian lingkungan tempat tinggal di Jakarta atau kota besar lainnya yang tidak memiliki kehidupan bertetangga (sebagian pasti mengalami hal itu, kan?). Karena hubungan ketetanggaan yang cukup erat, maka berhati-hatilah dengan bisik-bisik tetangga (lah kaya lagu dangdut ya ;) )

Untuk melengkapi, menjadi istri tentara kita harus siap untuk berbagai risiko menyangkut profesi suami. Termasuk menjadi yang kesekian karena harus berbagi cinta dengan negara. Oh, tidakkkkk!!

About these ads

330 thoughts on “Cerita dari Istri Tentara

    • saya nol besar soal tni tni an tapi tahun lalu pernah saya tinggal di salah satu mess univrsiti di aceh dengan tni yang lagi tugas di tempat saya juga bertugas, salah satu diantra mereka kayaknya ada yang suka saya tapi dia sudah merit, baru kenal beberapa hari dia sudah minta dipegang (maaf) kemaluannya, sehari sebelum pergi karena selesai tugas, malam hari, dia minta minum ke kamar saya dan waktu saya buka pintu dia langsung “menyerang” saya dengan ciuman, pelukan bahkan menindih tubuh saya di tempat tidur, saya takut teriak karena takut dia nanti marah dan dendam dan besok2 mengancam saya, sementara saya hanya sementara di aceh, saya jadi sediiiiiiiiiiiiiii……sekali, sepertinya dia menilai saya negatip karena saya dari ibukota, akhirnya saya menilai hampir semua tni ad itu berpotensi untuk selingkuh kalau jauh dari istri, hanya mereka yang super kuat imannya tidak melakukan perselingkuhan atau asusila terselubung. maaf ibu ibu persit atas cerita saya ini, yang lebih menyakitkan lagi dia bilang apa yang terjadi itu bukanlah tindakan yang sudah terlalu jauh, bagi dia rupanya itu biasa2 saja, untung saja saya waktu itu melawannya dengan kelembutan dan menolak untuk berhubungan badan dengan dia…sekagi lagi maaf ibu2..persit saya dendam sekali dengan dia…semoga Tuhan yang membalas kebejatan nya kepada saya. Amin…

  1. so complicated kah jadi istri tentara???
    menjadi pendamping seorang prajuruit TNI memang tidak mudah.
    Bisa dibilang ini adalah suatu pilihan atau mungkin ini adalah jalan hidup dan garis tangan.
    Suatu pilihan yang tepat bisa menjadi istri tentara jika melihatnya dari kacamata yang positif… artinya memang dengan iktikad baek bersedia mendampingi tentara tersebut dalam suka dan duka. Butuh perjuangan memang!!
    Sebagai jalan hidup atau mungkin sudah nasib menjadi istri tentara lebih cenderung melihatnya secara negatif… sebagai suatu pilihan yang kurang tepat karena masuk ke dalam kehidupan ketentaraan yg ribett!! “ahh, tau gini aku ga mau nikah ama tentara!!” seperti itu gambarannya…
    Tenang aja mbak!! jodoh sudah digariskan.. jadi,bagaimanapun yang terjadi nanti, mau atau gak mau, disadari ato gak, mbak akan tau sediri jawabnya.. Tp,apapun yg mbak dinna dapat, itu yg terbaek dr ALLAH SWT.. jangan pernah menyesalinya!! keep fighting… Love you…

  2. waduw……
    kok sepertinya serem bgt gitu y???hehe…
    tp aq tetep semangat kok kl mang aq nikah ma masq
    kn udh trlanjur cinta,hehe…
    y udw thx y mbk atas gambaran nya ttg kehidupan d asrama,jd besok kl aq jd d bawa kesana insya allah aq udh siap ma semuanya ttg kehidupan asramanya…

    aku juga sempet serem dengar gambaran ceritanya, tapi ya sekarang jalanin dulu aja,, :)
    wah, mba, nanti kalo menikah, undang2 ya :) abis itu cerita2 ya,, bagi2 pengalaman juga,, biar semakin banyak tau :)

  3. aku baru 3 bulan jadi istri tentara. dulu keluarga menentang untuk menikah dgn tentara, karena akan selalu berpindah tugas dan jauh dari keluarga. ternyata benar baru 3 bulan kami menikah dia sudah pindah tugas. saat ini kami tinggal berlainan pulau, karena dia tugas di jawa dan aku masih bekerja di Kalimantan.
    bener kata Mba Dina jadi istri Tentara gak boleh foya2 dan harus menjaga sikap karena akan berpengaruh ke karier suami.
    aku belum berani mengikuti suami karena aku masih takut dgn keterbatasan itu. harus tinggal di asrma, harus hormat dgn ibu komandan, harus selalu ramah dgn tetangga 1 komplek, hal2 yg tidak penah aku lakukan sebelumnya ketika aku tinggal bersama ortu.
    doakan aku semakin siap mengikuti suami karena dia adalah pilihanku sendiri

  4. gag usa jd istri tentara yu mba,hahaha *ketawa meringis* ..
    gag papa mba..klo memang jodoh psti ada jalan *halah*
    ..
    SEMANGAT mba demi si abang *sumingat utk dri sndiri juga* ;p

  5. Emang susak ya jadi istri tentara,,,

    Tapi,,aquw koq pengen yah,,,

    Kayaknya asik ajah,,,

    Hehehe,,,

    Buat mbak Dinna,,,salam kenal yah,,,=)

  6. jadi atut nich,,he..he coz q ankny suka kebebasan sedangkan cow q yg bener2 serius ma q adlh seorang AL ,tp q sngt cinta dy,dan bangga akan profesi dy, gmn mbak solusinya biar q tdk terlalu merasa terpenjara nantinya klo q menikah m dy he,,he,, jd curhat
    LAM KENAL YACWH..(^ _ ^)

  7. Bener bgt..menjadi istri tentara hrs siap dgn semua kondisi itu, gak bs lg semau kita sendiri….karena ada nama baik suami yg benar2 hrs dijaga..
    buatku yang msh jd kendala adl
    istri tentara hrs mandiri dlm segala hal, termasuk keuangan u/ menambah penghasilan (bi. hidup yg semakin tinggi) dan mengingat pekerjaan suami yg sgt beresiko (Istri hrs siap dlm keadaan terburuk)….tetapi kl istri tentara bekerja sedangkan kegiatan ibu2 tentara yang lumayan banyak dan agak mengikat, dampaknya bkl sering ijin gak masuk…menimbulkan situasi yg sulit (dilema) antara kewajiban sebagai pegawai yg sdh digaji dgn konsekuensi sbg istri tentara……itu yg menjadi kendala saya…

  8. Rasanya emang berat ya ^^
    Tp tetap semangat!!!
    Itu udah jadi konsekuensi dan harusnya segala resiko yg bakal terjadi (seblm bahkan setelah nikah) sudah harus dipikirkan.
    Yakinkan diri sendiri sebelum menjawab “Ya” ketika menerima dia sebagai someone special in your heart!!
    Awalnya aku jg nggak kepikiran waktu nrimo dia karena dipikiranku just for have n fun ^^ tp sekarang nggak gitulah. So aku banyak belajar dari profesinya, yg paling penting mengasah kesabaran dan kesetiaan (sekarang dia lg ditugaskan ditempat yg nggak tersentuh olh signal jd kangennya ditahan2 aja, duuh menderitanya ^^ he he)
    Semua berbalik ke diri sendiri, kalo emang udah siap dengan segala resiko, konsekuensi dan tanggungjawab yg mesti ditanggung bersama mas’nya masing2.. mengapa harus ragu (klo ragu, berarti hatinya blm sepenuhnya disitu artinya km hrus lihat diri sendiri, jgn sampe ada penyesalan setelah itu).. so, jalani aja!!

  9. sedihhhhh buangeeeetttttttt dueh cinta harusssss dibagi, tapi ya gak papalah kan demi negaraaaa……mbak ku juga pacaran ma anggota paspampres angkatan 2008 dapat ijin nikah berapa tahun lagi yah……

  10. Aku suah dua tahun menjadi istri tentara dan kami masih hidup terpisah sejak awal pernikahan.Suami dinas di daerah terpencil dan aku bekerja di sebuah BUMN dan terikat ikatan dinas. Ada rasa penyesalan ketika suami sakit atau lagi kangen berat tapi gimana lagi ???Sabar dan sabar.Dia selalu nguatin aku bahwa tidak dalam waktu yang lama kita pasti akan bisa berkumpul seperti keluarga yang lain.

    • hwaaaduhhhh,,,,dari ceritanya kog sereeem yaaa apa semua istri tentara mengalami hal yang sama??????apa gagh ad cerita mengenai baik2x ato enak2x jd istri seorang TNI?

  11. Mbaaa…
    Sabar yaaa….
    Aq jg sma ky mba,,awalnya kagok en kaget bGt…
    Aplg aq ini trbiasa dgn hdup yg bebas g ada iktn junior senior alias smua sama..
    Tp akhrnya dhrskn utk menomersatukan senior..
    Fiuh…
    Skr msh dLm penjajakan ni mbaa..
    Doakan lancar yaa…

    Lam kenal y mbaa…

  12. salam kenal mbak….
    wah kayaknya susaaah….. bgt gitu yah….
    he..he…. but asyik jg yach jd istri nya tentara jd penaglaman gitu….
    mbak ajari yach… biar nggak kaget kalo suamiq lg tugas gitu….
    yach itung2 nambah pengalaman ma yang senior gitu….ok thx before ya…. ^_^

  13. em.. emang gitu yah untuk menjadi istri tentara. aku bingung juga neh.. ada yang mengajak untuk menikah secepatnya dan ia tentara. Padahal lulus S1 aja belum :). Apakah ada aturanya?

  14. kebetulan calon suamiku juga dari TNI AL
    dan sampai saat ini kita menjalin hub long distance
    mungkin juga setelah nikah pun kita masih long distance cz kebetulan saya bekerja di mojokerto sementara calon saya dinas di jakarta
    Mungkin dari sini saya bisa lebih belajar untuk tabah dan sabar menjadi istri tentara
    memang saat ini kita gak bisa bersatu tapi saya yakin suatu saat nanti pasti kita dapat bersatu selamanya.AMIN

  15. hay mbk mbk smua , , ,
    aq juga pacran ma tentara , , ,emng klu mau nikah tu ribet bgtz gtu ya mzk,,,,denger2 da nikah dkntor,KUA,truz pa lg gtu,,,,mna da sumpah2 gtu jg ya mbk,,,aq denger2 dari tu temn2 klu pd crta,,,emng klu mau jd istri tentara haruz bz mandri ya mbk , , , ,
    he he he
    ya moga ja bsok istriku tentara , , ,
    amien,,,,

  16. emg ribet bgt mbk when….
    aq uda d crtain ma calonku
    wadaw…ampe mlmnya gak bisa tdr 2 mkrin itu…
    heheheheh
    ya tetep semangat az buat para calon istri tentara

  17. hiii…mbk wheny
    emg mbak nikah ma tentara 2 ribet bgt
    mesti nikah kantor juga,,,
    pakai syarat ini itu lah…
    tapi walaupun gitu gak mengurungkan niat saya buat nikah ma calon saya,,,,namanya uda cinta mbak…jd g peduli mau ini itu…
    ya gk….

  18. Slm kenal jg ya..Aq udah 3th lbh jd istri tentara,yg otomatis ya jd anggota persit sejak 3th yg lalu?Aq jg kerja,tp enjoy aja kok..Pinter2nya kt aja membawa diri,sm yg lbh senior ya kt hormat sm yg junior kt jg menghargai..Bukannya sok pengalaman,tp hierarki dlm pergaulan istri tentara it ttp ada?Tp asyik bgt kok,kt jd bs brorganisasi..Kenal bnyak temen,jadi anggota persit it bnyak positivnya..pkok’e yakin aja apa yg ada dihatimu..Bahwa it yg jd pilihanmu..Sukses ya?

  19. Q juga udah banyak belajar mengenai istri tentara mbak karna kebetulan keluargaq banyak yamg tentara jadi banyak dapt ilmu dari tante2 q n pacar q jg banyak ngajarin n ngasih gambaran….
    Dan InsyaALLAH q udah siap untuk menjadi ibu PERSIT… Amin…
    maga Allah merestui…
    tetep semangat yach…..

  20. ikutan sharing donk,aku istri TNI AL.dari pacaran hingga menikah kami selalu berjauhan karna saya bekerja di jogja dan suami di jakarta.dulu waktu msh pacaran,dia pulang ke jogja sebulan sekali,tp sekarang setelah menikah,suami pulang tiap minggu.misalkan tdk bisa pulang,saya yg ke jakarta.tapi untuk bergaul dgn warga se asrama alhamdulillah tdk canggung karna udah biasa tinggal di asrama POLRI wkt msh sm ortu,jd udh tau gmn2 hdp di asrama.buat para calon istri tentara,jgn takut.asalkan sama2 setia dan percaya,tetap jaga keimanan,long distance pun ga masalah.Istri tentara adalah wanita yang hebat,,,,,,

  21. mu jadi istri tntara emng harus pke2 tes ksehatan po???
    kalo ktahuan tidak perawan itu gmn??
    pdhl msalnya bukan karna hub sex ???

    • siap gk siap jadi istri tntara,,sbetulnya tes kprwanan itu bner2 ada gk sich..msh jdi pertanyaan..klo memang udh gk virgin,apa itu bsa terjadi btalnya pernikahan krna alsn itu???minta pendapat nya yaa mba??/

      • mau numpang ngeshare ne mbk,coz aku jg brusan ngurus kesehatan dll gt utk persyaratan wat jd is3TNI AD,itu betul bgt mbk sblmx qt disrh kedenkes stlh2qt keBKIA untk tes kehamilan,periksa dlm,pokox tentang kes wanita gt,alhamdJJ aq wkt diperiksa lancr..

  22. jadi bingung, jadi gundah, aku sayang dia tapi ku nggak sanggup jauh dari dia,, cukup… cukup… jangan tinggalkan aku lagi,, hufh…. harus gimna??

  23. resiko’y apapun cypa takut,ga akan pudar….karna cinta q,sayankq hanya utk mas q seorang.sayank yg sabar…..tunggu akyu ywaaah…….

  24. Aq lg urus nikah m se0rg TNI AD yg organik di bataly0n 752 alias papua,sdgkan aq skrg di kalimantan barat,dia jg asli kalimantan barat,tp skrg lg organik d papua, sedih rasanya b0lak balik k0dim,n rumkit TNI AD sendirian,smentara tunanganku jg sibuk urus2 surat dsana,huah perjuangan yg tak trlupakan. . ,

  25. Salam kenal Mbak Tika. Maaf saya mau tanya, apa saja yg diperiksa dlm tes kesehatan untk pengajuan nikah? Apa diperiksa dr ujung kaki smp ujung rmbt, trus periksa gigi n denger2 ktnya hrs tes virginity ya mbak? Mohon infonya ya mbak. Terima kasih…

  26. jiaaa,…..Q uda mau tunangan dan q nerima dy dgn segala resiko,..tp lo resiko yg maen volly gmn yhaaaaaa??gw gbsa maen volly,……….

  27. nge browse gugel dg key word resiko istri tentara ternaya berjodoh dengan blog ini. kurang lebih punya pengalaman yang sama dengan temen2 diatas. calon istri tentara,siap diduain (sama negara), siap hidup seadanya, siap kangen tingkat tinggi. yang paling susah adalah meninggalkan pekerjaan yang telah menghidupi sebelum menikah dg dy. ga kebayang sebelumnya jatuh cinta dengan seorang tentara (pulang kerja satu tone lebih item setuju bgd,tp ko jadi ganteng ya?), secara saya ga suka dengan militerisme, kekakuan, senioritas, ngikutin apa yang komandan mau tanpa ada sisi kritis. saya sangat suka sisi kritis manusia, kreatifitas, kelenturan, ekspresi, sesuatu yang berbau art.kami sangat berbeda,bertolak belakang malah.saya yang senang dengan kelembutan dy yg suka ketegasan (kadang dikira marah2) dan tanpa ekspresi.menikah dengan tentara bukan sebuah cita2 tapi episode hidup yang harus dilalui, skenario Allah, entah jalan apa lagi yang harus saya lalui (misteri ilahi).mungkin suatu saat memiliki suami tentara yang RELIGIUS, ORIENTASI PADA AKHIRAT (1st purpose in his life) DAN ANTI SEKULERISME.ada sebuah project besar menggarap dan memperbaiki dy.ya, sebuah perniagaan besar yang bayarannya adalah syurga. ada satu quotation yang saya suka “kalau jodoh mah ga kemana………” amiiiin.

    • subhanallah mba melisakusumawardani…
      indah nian kalimat di atas…
      dengan ijin Allah SWT ya mba pastinya ^_^
      salam kenal

    • Ya ampuunnn, , , sama bgt bgt mba melisa sama saya, sayang yv sejatinya terlahir untuk seni harus berhadapan dgn segala kekakuan militer, yaitu tunangan saya, sulit memang menyatukan karakter yg bener2 bertolak belakang gini

  28. Ass….
    Mbak..kalo mau jadi calon istrinya TNI AD harus menjalani tes2 dulu ya….???
    apa saja sie mbak tesnya..bole minta bocoran gag…???katnya ada tes keperawanan juga,tesnya diapain ya mbk…??
    Soalnya deg2an banget nie…

  29. menanggapi pertanyaan mbak ria dan dee.
    Perkenalkan saya hera, calon istri dari salah seorang perwira di tni au.

    Dulu saya pernah ikut tes TNI dan dites virginitasnya, saya trauma banget abis yang ngetes laki2 dan kasar, sampe saya gak bisa jalan selama 1 minggu… Saya sendiri seorang dokter dan tahu persis bagaimana prosedurnya, saya sendiri masih trauma. Setelah lolos tingkat daerah saya langusng mengajukan surat pengunduran diri, habisnya takut dites lagi pas ditingkat pusat.

    Pertanyaan saya sama seperti mbak2, apakah sebelum menikah dengan tni harus dites virginitasnya juga? saya jujur saja tidak mau karena sudah pernah dan tidak mau mengulangnya lagi, trauma bangettt…

    • Memang untuk masuk TNI , tes keperawanannya bagaimana ya mbak ??
      tolong balas lewat e-mail saya ya mbak kebetulan calon saya TNI AD dan saya sendiri berencana tes TNI AL ,,
      mohon balasannya ya mbak ,, salam kenal

    • bohong banget anda, yang ngetes virginity di TNI itu sesama perempuan, dokter perempuan, perawat perempuan. saya juga pernah kok daftar tes tersebut.

  30. menarik juga nih…
    saya juga punya pacar seorang perwira tni al, deg2an juga nih krn sy mendengar tk menjadi istri seorang tni, harus dites macam2 termasuk utk tes virginitas
    kalau utk tes kesehatan yg lain (general check up), bagi saya tidak masalah karena utk kesehatan diri kita juga. Akan tetapi, utk tes virginitas, saya sendiri deg2an membaca n mendengarnya..seperti apa siy tes virginitas itu dan apakah perlu utk kami2 sebagai calon istri tni…
    mohon infonya dong, yg benar seperti apa siy?? Balas ke email saya yaaa…..

    • ga usah takut mb,paling cuma diliat aja.kan udah keliatan msh perawan apa kga.batasannya asal jgn ada sexual harrasment aja

      • mbk mau nanyak……q ug pngen bgt punya suami al…tp q msh bingung yang masalh tes keperawanan itu…ph bener,,,,n klau qt nolak pah boleh…mksh ea nbkkk..plese jawab di email akw……

    • boleh juga ya mbak ikut tanya, sebenarnya test virginitas yang harus dijalani dari seorang calon istri tentara itu yang seperti apa? kalaunya si cwe terbukti gak perawan (karena dengar2 selaput darah itu bisa pecah bukan karena hubungan seksual aja kan?), lhaah apaitu masih boleh menikah dengan tentara? apa tiba2 pernikahan harus dibatalkan? minta tolong jawabannya di emailku yaaa

  31. aku jg ikutan dunk…
    saya jg pengen taw bener gak sie kalo jd calon istri seorang Tni mesti test virginitas…
    kayak apa aku jg pengen taw…
    mohon infonya yaw??…

    infonya kirim ke emailku yaa…

    thanks..

  32. heemm..sneng bs dpt crita jd calon ibu persit.. serem sih, tp kayakx kt hrs siap ya klo jd istri tentara..
    yg penting ikhlas dan diniati ibadah…
    mudah2an slalu diberikan kemudahan buat kita..amin…. (berhrap penuh buat diri sendiri jg)

  33. pacaran sama anggota…
    awalnya sama skali g kpikiran n g minat..trauma,ilfill.sedikit benci juga,hehe
    tapi begitu knal ma calon suami yg seorang anggota auri jadi berubah pikiran….
    trnyata g gampang ya kalo mo nikah,banyak bgt persyaratan yg msti di lengkapin….
    mudah2an diberi klancaran aja…amin
    musti siap2 ne buat jadi ibu pia yg siap ditinggal 2 kapan pun..hagz…
    semangat ya buat calon 2 ibu2 istri anggota….

  34. gmn klw sorg istri yg ingin brcerai ma swminya yg seorg tntara??ap sj syratnya ap ja.brp lama prosesnya,hrus kmna biar urusannya cpat slsai???

    please….tlg brikn info ttg prtnyaan q donk

  35. slm knal buad mba2 mua,,
    aq jg mau ngurus nikah nih, masa d tes gigi jg sih mba???
    skg calonku lg tugas d perbatasan RI-Filipina, kangen bgt rasanya..

  36. waduh…ribet amat jd istri tentara dri yg pacaran,,mau nikah,,sampe emank bener2 jd istriny…ruwet kykny.istri tentara emank huebat2… gk kalah hebat ma suamix yg taruhan nyawa dlm mnjlnkann tugas.aku bisa gak y…sehebat mreka…msalahnya aku dah cinta mati ma pacarku yg tentara… n kelak aq jg g bsa ngikutin kmana suamiq tgs… cz aq ni PNS yg g bs pindah seenkny aj.gmn nich… gmn nich… aq dilema..

  37. wah wah,,,,,,,,ko kayaknya ribet banget ya???????tp menurut saya itu semua atas campur tangan yang diAtas ya,,,,,,,,,,jd jangan takut lah,,,,,,

  38. Ya, memang harus bersabar jika jadi pasangan seorang tentara…
    aku InsyaAllah tahun depan menikah dengan anggota TNI AD…semoga aku sanggup dan bisa…amiin…
    buat para calon istri tentara…SEMANGAT…SEMANGAT…

  39. thanks buat semua ibu-ibu persit n calon ibu persit. masukannya semakin menguatkan niat tulusku melaju menjadi istri prajurit

  40. syarat administratifnya sebenernya ga ribed,cuma krn birokrasi indonesia yg menyebalkan jadinya ribed’syaratnya cuma SKCK legalisir plus SKCK ortu, ijasah terakhir legalisir, akte kelahiran legalisir,semuanya rangkap 10.udah gitu doang.trus nikah deh.tes2 mah santai, tes bacaan solat surat2 pendek,udah.

    • ternyata gag seribet yang saya bayangkan ya mbak yang penting dinikmatin masa2 itu kan menikah sekali aja seumur hidup… apapun jalannya juga dinikmatin aja,,, enjoy of your life

  41. mba. tes perawan tu bener adanya gg ceh ?
    kok ada yg bilang hrs ada tesnya tp kok ad yd bilang gg ada juga ..
    saya itu bingung. kok saudara saya ada yg sudah nikah dg TNI tp ktanya gg ad tes2 sperti itu .
    tolong jawabannya ya mba ..

    • nyantai aja kali mb,mrk jg ga mau disibukin ma hal2 kya gt.aplg ga da duitnya. tes keperawanan cuma ditanya doang “masih perawan ga?”,jawabannya terserah anda

  42. Pacar ku juga tentara..
    dia temen SMP ku, xixiixi..

    Menurut aku sih, jadi istri tentara atau tidak..
    yg jelas kewajiban seorang istri itu adalah melayani suami..
    Istiqomah jalani bahtera rumah tangga..
    menjaga kehormatan dan aib keluarga ketika suami bertugas..
    mungkin lingkungan diantara ibu persit memang sering terdengar sewperti kyk ada blok-blok..
    (liat pangkat suami, kalo msh rendah biasanya yg tinggi suka ga mau gaul ^__^)
    tapi balik lg ke individu wanita itu sendiri lah, kdg ada jg istri komandan yg akrab banget sm istri prajurit..
    jadi tergantung hati masing2.

    cuma inget aja, dunia itu ga abadi..
    kalo di dunianya aja udah sombong, balesan di akhirat nnti bakal lbh pedih..
    sereeeeem kan?

    makanya, yuk kita buat perkumpulan ibu persit yg murah senyum dan gaul sm siapa aja, hehehhe..

  43. slam kenal ya smuax,,,
    tunanganq jg TNI,,,,
    ag sering bangeet di duain dg kerjaanx,,,apalagi dy ajudan,,aduh sibukx,,,sedih tapi,,kesedihan tu di kalahkan dg rasa sayangku k dia,,,hehe,,
    mudah2an qta smua di berikan kemudahan oleh yang diatas dg smua keikhlasan qta,,amien

  44. Salam kenal semuanya,…..
    aq hanya minta Tipsnya gmn cara menghilangkan jenuh kalah ditinggal suami, kebetuan calon suamiku TNI Al, rencana akan menikah Desember nanti, insya allah….
    mohon sarannya ya, thank’s.
    wass……

  45. trnyta lumayan rumit ya mba jd istri tntra,,insya allah calon suamiq TNI AD,insya allah kami ingin mnikah,doain ya mba mudah’n lancar smpai slsai amin,,untuk resikony q fkir tu emg ud jd konsekuensi qt,untuk mmlih calon suami seorang anggota,jd siap atau ga siapny trgantung qtny,,mhon doa’ny ya mba biar lncar,amin…

  46. assalamu alaikum
    salam kenal smuanya, mbk mau tnya nich pcr saya jg tentara n rencana kita mau nikah dlm wktu dket ini. tolong ksh info mngenai tes ksehatan apa bner ada tes keperawanan jg, trus tes ksehatan apa smuanya dr ujung kpala pe ujung kaki???
    yg jd maslah gigi saya tu ada yg berlubang, itu apa bs jd penghambat ya?? mksh,,,
    mhon doanya ya mbk smoga lancar

  47. waw,…saya punya pacar perwira, & dia sudah mewanti2 saya nanti klo jadi istrinya,…
    soal persyaratan & kegiatan apa saja yg nanti bakal saya lakukan,…
    sempet stres kepikiran, susah tidur & gk doyan makan,..
    tp saya yakin klo smuany yg bermula berat ini pasti nantinya akan berjalan seperti air yg mengalir,..karena saya tahu bahwa saya tdk sendri yg pusing menghadapi ini semua,..di sisi lain profesi dia juga dokter,,..semoga saya bs mendampingi dia & tidak hanya mencintai orangny saja, tp juga mencintai profesi dia,..
    tetap semangat..!!

  48. ass,
    slm knl mba
    tolong informsi y dong mba, apa sj tes kshtan it mba?
    smua it hrz di lksnkan atau hny formltas sj mba?
    apa tes kperwnan itu jg slh satu syrt y mba?
    truz bgmn klau kprwnan it sdh gak ad, tp krn kclkan bkn krn hub seks?
    tolong jwb mba ke email sy
    mksh

  49. bgus critana….bngga rasanya bsa mnjdi pndmpng hdup seorang prajurit..nda smw org bsa mmliki ksempatan yg sma…di stulah mntal qt bnerr2 trlatih,,,hdup nda dtar2 ja..bnyak dnamika yg qt lalui…aq seorg mahasiswi di PTN ygya,,,ayahQ seorg TNI..dr kcil qm dh trbiasa dg keh mliter,,bsar di batalyon dg sgala dnamikana….bnyak ska n duka yg dpy at bg n rsakan bersama..pa lg ke2luargaan yg erat antara kel prajurit yg satu dg yg lain..bngga tasanya bsa mjd bgian dr kel besar TNI…

  50. jdi pengen dh pnya suami tentara like my sister…tp tkut sma test’a tkut g lulus…ktanya klo g lulus test g bsa nikah sma TNI y mba??mudah-mudhan aku bisa kya kk aq…

  51. salam kenal…^____^
    ceritanya apik..komen2nya pun tak kalah apik dr para mba2 yang sudah menjadi bagian dr keluarga TNI maupun yang akan baru bergabung..dua jempol goyang2 deh buat mba dinna..hehe..
    sama seperti yg lain..sayah juga baru akan bergabung menjadi seorang pendamping seorang abdi negara..
    saya gak tau gmn rasanya nanti..ribetnya,susahnya,senangnya,dll..karna saya bukan dr lingkungan tentara..
    tapi selama qt yakin dengan apa yang kita pilih..insyaallah qt bisa ngejalaninnya bukan karna terpaksa tapi karna qt mau belajar memahami dunia pasangan qt..
    baik itu seorang abdi negara seperti tentara ataupun bukan..
    saya bangga memiliki calon suami seperti dia..

  52. Q”yeni ,ummur ku baru 22 thn ,Q dulu perna menikah sewaktu umur ku masih 14 thn , di karna kan pilihan 0RTU ,TP SESUDAH NYA Qmenjalani ruma tangga selama 4 bulan , ternyta di antara kt belum ada kecocokan satu sama lain ,ahir nya Q meminta cerai dr suamiku ,2 minggu kemudiyan suami ku membawa surat cerai ku dari pengadilan ,sesudah nya aku di ceraikan ,beberapa bulan kemudiyan ,Q melanjut kan kuliya ku di jakarta ,dan di jakarta lah aku kenal seorang pemuda dr jw tengah KLATEN , nah,,,disini ini yg bkn Q kepikiran … di krnakan dia mempunyai pekerjaan TNI AD ,,pas itu aku lngsung kaget bnget ,krna diya ngjak aku MERIT secepat ny ,,TRS TRANG SIII,,aku akui klu ak cinta mati bngt ama dia ,jd apapun yg terjadi aku udah siap bngt untuk menghadapi semua halangan dan rintangan seteleh kt menikah nanti dn juga tinggal di asrama PRAJURIT nanti ,nah ,,,,kawan2 ku yg pada punya rencana MERIT ama TNI jngn prna menyera sekalipun kalian mempunyai setatus yg beda ,,contoh nya masih perawan atu sekaligus perna MERIT karna jodoh semua ALLAH yg mengatur semua nya ,bukn nya ibu komandan atu sekaligus bapa JENDRAL yg ngatur jodoh kt ,siapapun yg mempunyai masala sama ky yeni jngn perna putus asa hrs trs smangt kawan ……… hidup TNI AD

  53. ga ,,usa banyak pkrn dan ga usa takut kalu di antara klian mempunyai nasib sama seperti saya MERIT sama TNI AD ,contoh nya kalian pada takut setelah mendengar masalah TES KESEHATAN dan TES VIRGINITAS ,dan pastinya kaliyan sudah membaca TIPS TIPS yng ada di atas ,hanya dngn kejujuran dan keberanian kt bs menghadapi semua halangan dan rintangan yg kt hadapi ,berjuang lah terus haii…. kawan kawn ku jngnlah pernah menoleh ke belakang ,semangat dan berjuang lah demi masa depan kalian …………….SERBUUUUUUUUUUUU.

  54. Assalamualaikum..
    sungguh indah mba ceritanya……..
    ternyata yg punya cerita dengan seorang TNI banyak ya…
    aq bernasib sama dengan mba yeni cuma aq belum pernah menikah..hanya saja status aq yg sudah tidak perawan..
    itu yg selalu menjadi ketakutan aq, aq skr sedang menjalani hub dengan seorang TNI batalyon 726…
    aq selalu merasa takut ketika terfikir dg statusku itu tp aq selalu ingat semua itu hanya kehendak Alloh..jikalau Alloh menghendaki qta bersatu pasti qta bersatu dengan kondisi apapun…
    hmmm….selain itu aq pun berhubungan jarak jauh..dia di makassar sedangkan aq di bandung..
    sungguh sakit rasanya bila sudah merasa kangeunnnn…
    tp dari cerita di atas aq ambil hikmah dan belajar dari semuanya..
    terima kasih ya saudara2ku..mudah2an qta selalu bisa berbagi satu sama lain..
    Wassalam…^_^

  55. salam kenal semua.. aq calon istri tentara dari TNI AL n insya Allah 5 bulan lagi kan menikah.. sekedar membagi. Awalnya aku takut n ragu apa aq bisa menjawab semua pertanyaan yang ditujukan btq nanti, karena aq orangnya gugupan n bisa lupa klw dah ketakukan… insya Allah Maret aq permohonan, mohon masukannya bagi yang berpengalaman… makasih semuanya.

  56. salam kenal semuanya, aku saat ini menjalin hubungan jarak jauh dengan Pacarku yang lagi tugas di Ambon, bener2 ngak nyangka ketemu lagi, kita temen dari SD hingga SMA, setelah tuh kita pisah hampir 10 tahun dan tidak tau kabar masing2, dan ngak kebayang klo dia jadi seorang TNI AD, aku sempet berpikir untuk mundur karena dengan cerita2 yang aku denger tentang kehidupan seorang istri tentara yang harus tinggal di asrama dengan segala macam peraturannya, hem…. bener2 bikin khawatir, tapi semua berbalik pada diri kita masing2, TUHAN telah menyediakan rancangan yang begitu indah bagi setiap UmatNYA, aku tetap jalani pacaran jarak jauh dengan kunci kepercayaan, dan doa, serta menolong dia untuk lebih dekat dengan TUHAN, SEMANGAT!!!!!

  57. nice story , kebetulan saya juga punya cerita dengan seorang tentara , tetapi dy sudah mempunyai pacar , dan masalahnya dy juga mencintai saya
    saya memilih mundur daripada suatu saat bisa menghancurkan karirnya
    semoga pilihan saya benar :)

  58. Sekedar info nih mbak ,
    Kalau tes keperawanan itu bisa dibilang ada bisa dibilang nggak .
    Setau saya, itu tergantung dari pangkat si calon suami. Kalau belum perwira , katanya gak perlu pakai tes keperawanan segala . Kalau si calon sudah perwira, ya siap – siap aja di tes begituan .
    Kalau punya *kenalan* dokter dimanaaa gt kan enak , gak perlu ribet* .
    Terus … kalau udah perwira baru boleh nglaksanain upacara pernikahan yang menggetarkan hati banget itu lhoo … “Katga Pora” atau bisa disebut dengan pedang pora .
    Kagak bisa bayangin deh gimana rasanya jalan dibawah pedang gitu, asiik kali ya .
    Doain aja yha .. Aku bisa jadi anggota JALASENASTRI beberapa saat lagi :)
    Dan untuk masalah long distance itu bisa diatasi dengan mengalihkan / melakukan kegiatan yang sekiranya menyibukkan diri , seperti bekerja atau apa.
    Dan untuk msalah percaya satu sama lain itu juga harus ditingkatkan . Karena resiko jadi istri prajurit emang segitu .
    Orang yang menikah dengan seorang TNI adalah orang yang hebat dan bermental baja !!
    Jalesveva Jayamahe for all navy of indonesia !

  59. Salam komando,, saya seorg peg.BUMN,, berpacaran dgn lettu Agus Kurniawan,, Insya Allah akan menikah tahun depan.. alhamdulillah jdi pacar tni ga susah amat, kata org sulit, susah n banyak ribetX…. tp cinta itu bukan uang, meskipun uang trkdng mmbunuh cinta… kesetiaan dr seorg prajurit yg hrs qt cari.. sebab dr 10 prajurit hanya 1 yg bisa mnjaga kesetiaanX pd sang istri……. Jangan takut u/mmiliki pndamping seorg prajurit, sebab Tentara haXlah sebuah profesiX,, bukan kepribadian yg negatif :D… Thanks before guy’s.. wish you all read my comment!!

  60. ass… lm knl wat mba” smua. kening q jd mngkrut pas tw khdpn jd istri tentara ky gt.., psal’y pcr sy jg tentara, trslip dvqrn qu ne tu mngerikn dg bnyk’y aturn sperti tu.. v mngqn mmang hrz siap mnjd s’org istri tentara. apakh sanggup.? prtnyaan tu yg slalu da dhti q v sy yqin smua’y akn brjln lncr lw qt pny itikt baik krn TUHAN sdh pny rncna indah bgi tyap” umat’y…. SMANGAAAATTT :-)

  61. thank y mb infony… bert jg y kehadiran suami mendampingi istri dan ank2 klo hrs di bg trs dg negara hehe…
    penyesalan g c mb nkh dg tentara? ato itu merupakan plhan hdp yg tangguh layaknya fatimah Az Zahra…..hehehe kdg khwtr jd istri tentara bkl di tinggl jauh dan ad tgs2 ngedadak.

  62. Wwwaaahh sulit jg y. Aku pnya calon suami profesi tentara.
    Klw brcndanya berlebihan jg gk bs. Wwaduh pdhl aku ini orgnya humoris bgt.
    Gmn y ntr sm ibu komandannya???

  63. aslkum…lam kenl mbak…boleh curhat kan..???begini,sya pny cwok yg skrg jdi seorg tentra,slama kami pcran kami slalu baek2 ja,sy sangat sayang ma dy,tp skrg dy udh puny pcr baru n ningglin sya..buat sy itu tk msalah n sy msh ttp mncintai dy..suatu hri dy ngajak balikan,dgn snang hti sya terima dy kmbali,tp lum lama kmi balikan trnyata dy msh brhubngan ma pcrnyan akhrnya mmbuat dy brubah utk tdk pduli n tdk ngubungi sya lagi..saya bingung mbak,saya mrsa dprmainkan,dy prnah blang ma sya yg sbnrnya dy cri adlh wanita yg setia n dy udh mmilih sya krna slama 3 thun sjak saya pcran ma dy saya ttp syg sma dy smpai skrg…wktu blikan dy uga mw ngelamar saya,tp sya bngung mbak krna sya gk tau apakh dy akn bnr2 memilih sya mnjdi istrinya…
    saya sdh brjanji utk mnunggu dy sesuai prmintaan dy,tp utk kdua kalinya saya dsakiti…saya uga siap mbak utk mnunggu dy slsai pndidikn n dpt cuti…
    mohon pendapatnya,mbak…
    makasih seblumnya….

  64. salam kenal…
    cerita dikit ya mbak…saat ne anggun lagi hub ma tentara, ya kendala_a sama seperti yang laen >>> long distance…
    dia sh serius tapi takutnya anggun yg gk bisa kontrol…
    tapi hebatnya dya selalu menyakinkan anggun kalau nanti pada akhrnya kami akan menikah dan hidup bahagia..
    aminnnnn

  65. salam knl y dari meisya..
    aduch ternya jadi istri tntara itu gampang2 susah ya…
    heuheu… semoga aja Qu bisa jadi calon istri prsit yank baek n sabar amin…
    ;)…

  66. ikut nimbrung ahh… hehee
    aku mau tanya ni, apa ada perbedaan dalam bergaul?? contoh senior dan junior… dan apakah pangkat suami juga membedakan dalam bergaul???
    aku orangnya sensitif banget, jadi kalau dalam 1 komplek ada ibu persit yang tidak aku sukai, atau dia tidak suka dengan keberadaan ku, pasti aku langsung down. mental ku lemah dalam menghadapi permasalahan dalam pergaulan, apalagi disaat kita baru bergabung dengan anggota persit lainnya. rasa gak percaya diri dan lain2 pasti deh hinggap di dalam diriku.. heee…..

    • jadi istri tentara it harus mental kuat sist, saya yakin sist memutuskan untuk menikah dg seorang tentara sist sdh siap dengan segala konsekwensinya, itinya tetap percaya diri dan smangat :)

    • ya mmg ada batasan antara senior dan junior tp itu tidak menjadikan halangan tuk bergaul, selama kita pandai membawa diri.
      berpikir positif adalah yang terbaik

  67. Mbak, nanya dunk. Tunangan q bru pendidikan neh 1th d akmil, tp kemaren pendaftarannya pke ijazah D3. Kira2 klo selesai pendidikan jabatannya apa ya mbak???

  68. hay,,,, slm kenal semua’y
    Aku pgin berbagi cerita Jga nieee
    Jadi istri tentara sebnerny gak ribet2 amat kok
    Apalagi tinggal di lingkungan asrama,,, enak bgt dech pokok’y
    Klo tggl d asrma kita lbih mengerti akan sling tolong menolong antr tetangga,,,, kekeluargaan’y pun ada,,,,
    kdang klo kita tinggl d perumahan elit belum tentu kn kita tau nama tetangga sebelah rumah,,, jd enkny tinggl d asrma itu bsa byk kegiatan yg menyenangkan apa lg dsore hari yg suka dengan olahrga,,,,,

  69. m kenal semua..
    saya mau tanya apakah menjadi callon istri tentara itu juga harus tes kesehatan juga dan harus tes kevirginan juga ??
    mohon bantuannya semua..
    makasii

  70. aku juga punya pacar dari TNI AD memang aku pengen jd istrinya wlw kdg q takut dengan semuanya,kayaknya ribeeeeettttt bgt jd istri TNI itu tp q sayang dan setia sm masku dan q juga berharap dy setia dg q, kita juga da rencana nikah tp lum tau kapan, satu hal yang aku tekankan bahwa aku harus sabar dengan sang TNI jd istri TNI berarti harus sabaaaaarrrr dan sabbbbaaaaarrrr. jika dia jodohku aku akan siap siap jd persit siap g diperhatikan sm masku,tp aku ikhlas dg semua bukankah kesuksesan seorang prajurit juga karena didukung oleh siapa wanita hebat dibelakangnya. jd istri tentara siapa takuuuuutttt! jika memang dia adalah jodohku i miss you my honey

  71. Ass. Baru kemarin saya mengikuti proses awal nikah dengan anggota AL. dan itu adalah pemeriksaan kesehatan, yang meliputi konsultasi kesehatan , pemeriksaan darah , dan keperawanaan. dan g ada mslh kok. tenang dan sopan. insya Allah lancar..

  72. jadi istri tentara adalah pilihan dan juga adalah garis hidup yg uda ditentukan oleh AllhSwt.tp kita harus melihatnya dg positif.jd pasti kt kan dapat berkahnya karena kita ikhlas segala sesuatu yg ikhlas pasti berakhir dg indah. kuncinya sabaaaarrr….

    • Lam knal yaah mb’ mb’ muaa….
      crita nya ramee nee…boleh iktn curhat kan?
      kplaqw jd puyeng,ati aq jd deg-deg an gni….sgtu ribetnyaKah jd istri tentara mb?..
      haduuuwh,,,,terbesit rsa takut jg…
      Mb’,,boleh tnya gag tes keperawananya itu gmn?,,kok ada yg mpe trauma sgla..
      kalo pny pnyakit brarti gag lolos persyaratan yha mbk?,(meski itu bkn pnyakit genetik)..
      mohon bantuan jawabannya mb’..
      makasih sblmna..

  73. assalamu alaikum……jd istri tentara mang sangat menakutkan y…palgi klo dh mw di tinggal tugas….
    mba’..ada tips khusus g gmn cr mnghilangkn prsaan sepi saat di tinggl,,klo slama ni sih sy mang tggl pisah sm dy..cm alhamdulillah komunikasi masih lncr..tp akhir tahun ini InsyaAllah klo g ada halngan ktx mw brgkt tugs di perbatsn Papua…dgr papua sj sy dh ngeri,,di sn g ada signal jd komunikasi putus…minggu kemarin sy dpt info klo mw pnugasn..dst sy lgsg g smngat…smua kerjaan jd trbengkalai,,..

    • assalamualaikum mbak mey, perkenalkan nama saya nia, dengan membaca tulisan anda sepertinya kita senasib sepenanggungan, kebetulan pasangan saya juga saat ini sedang penugasan di papua, hmm begini saja, kita bisa komunikasi lebih dalam lagi??
      boleh minta alamat email mbak atau mbak bisa add email ym saya niea_cancergirl@yahoo.com
      terima kasih sebelumnya :)

    • haii aku lagi ngalamin LDR jakarta-papua.. betul banget sinyalnya jelek ditambah perbedan waktu yang dua jam.. aku sih cuma jalanin aja hari-hari kyk biasanya, coba ppercaya dia di sana sedang tugas bukan main-main, nyibukin diri biar gk kepikiran trus.. intinya kita yang harus ekstra sabar dan mengerti kondisi dia disana positiv thinking :)

  74. Tes keperawanaan hny untk mengecek kesehatan organ intim, agar tdk terjd mslh dikemudian hari. Aq rs, smua proses yg dijalani , mulai dr pemeriksaan kesehatn, intel , bintal , smpai personil n pengesahaan smua mudah, asal qt sopan dan jjr. Mrk juga g mgkn memaksa org untk tidak menikah.. Mudah kok, jgn takut n g diapa2in kok..

  75. haduh mba… jadi parno, tapi tetap semangat nunggu dia pulang, hik..hik..hik… tapi lg tugas di papua….
    tips nya biar g kepikiran tiap wktu apa donk mba????

  76. mengenalnya 1,5 tahun cukup membuatku mantap menjalani hidup dg dia. N 1,5 tahun pula aku tak pernah mau tau apa pangkat nya,brapa gajinya,bagaimana kerjaan nya,,,,,hehe…..aku mencintai nya apa ada nya lah,,,,,Insyalah bulan 9 aku mengajukan permohonan dg dia,,,,,
    Kepikiran lah ribet n takut kalo gagal,,,,,ternyata banyak pula yg kudu dilakukan,,,,tapi insyallah aku siap,,,,,mnikah n mnjadi istri tentara,,,,,hem hem,,,,,,,
    tapi aku tetep lah long distence krn aku tetap mantap mngabdikan diri sbg bidan desa di sebuah kota kelahiranku dijawa timur,,,,,n dia tetap setia menjadi AD di jawa barat,,,,percaya,,,yakin,,,,setia,,,,,jujur,,,,,
    Semoga barokah,,,,,Amiiiiinnnnn

  77. Ea sbb aku pusink sudah nikah sama dia pke ribet
    Truz nikah sma akupun ribet juga
    Jadi aku pusink mbak??
    Apakah dr kantor dia aja yg dicek
    Truz kantor ku gak??

  78. Asli pusink bnr deh aku mikirinya,nnti yg tmbah bikin aku pusink malah syarat dr kantor aku jg diminta
    Mnta ini minta itu
    Suratlah,apalah itu akukan jd puyeng
    Blum lg ngurus dikantor dia
    Haduh ngapa hrs dibikin ruet
    Mksh ya mbak smw

    • pastinya iya mbak.. karena pengurusan nikah kita di kantor calon suami akan dibutuhkan untuk persyaratan di KUA. Pelan – pelan aja mbak, pasti bisa kok…

  79. Aku baca blog ini senang sekali :) terima kasih unt mbak2 yg sudah share pengalamannya ya :)
    Saya sedang memperjuangkan unt memenangkan hati seorang TNI xixixixixi
    Karakter mereka HEBAT, keras, tegas, n punya sikap. Berbahagia mbak2 yg bsa dampingi mereka, saya rindu jd salah satunya.
    Semoga Tuhan kabulkan doa saya ini. AMEN.

    Pada dasarnya semua tergantung bagaimana kita membawa diri toh?
    Menurut saya (melihat pengalaman tante n nenek saya yg jd istri prajurit) semua perempuan harusnya bisa menjadi pendamping tentara,
    tp bagaimana kt mau mengerti dan belajar saling menghargai. Kesabaran selalu berbuah baik.

    Have a GREAT day :))

  80. SALAM PERSIT bwt para calon maupun yg udah jd istri Tentara…
    Mohon Doanya bwt tman2 smw yah??mga Hub aq dan Abangq lancar pe Pengajuan Nanti…^_^
    jgnlp ADD FB aq =Veevey_Beebey@yahoo.com
    YM =Veevey_Beebey@yahoo.com

  81. bulan desember 2010 lalu sya tunangan dengan anggota TNI AD setelah pacaran 2thn 2 blan,,,hingga saat 1 blan kmudian Dy hrus dpndah tugas ke kta berbeda.tpi si abang slalu hdir mlam minggu “kalo gag naik Piket sma nge-PAM” tpi saat ini qta msih dlam proses pengajuan…
    Doakan ya smuanya lancar….

  82. penambahan mbak…. hehehehe
    kalo ingin jadi istri tentara harus siap2 ditinggal2 trus…
    karena hal itu yang saya rasakan sekarang…
    tap jadi istri tentara banyak positive nya loh mbak…
    mengajari qita banyak hal tentang hidup sederhana…..

    lam kenal yah mbak….dari saya d pekanbaru….

  83. awalnya gak pernah kepikiran sama gak pernah kebayang mo nikah sama seorang tentara,,,tapi lama kelaman…ya sudahlah..mungkin sudah takdir dan jodoh dari Tuhan,,,aku pasti gak akan pernah akan nolak,,,
    cuman banyak dukungan dari tmn2 sama sdra2 juga,,,,tapi ada pula yg slalu nasehatin utk pikir2 dulu jika pengen married sama tentara,,,,
    ya sudahlah,,,,aku hanya perbanyak doa saja…apapun yg akan terjadi,,,,pasti itu yg terbaik yg sdh Tuhan kasih,,,
    sudah sampai disini juga…pasti sudah mikir panjang…
    sudah resmi trima dia jadi pacar…harus sudah siap juga utk jadi calon istri….
    banyak doa serta kesabaran saja,,,,,Tuhan pasti bantu……amin…

  84. Aku siswi SMA,,insya Allah lulus thn 2012.
    Pcarku skrg sdg pendidikan caba AL djatim,.
    Kita dah hampir 3taun pcaaran dan alhamdulillah g maslah harus LDR,
    dia dlu janji buat nikahin saya,.
    Tapi saya minta waktu untuk skolah dlu,
    apa ada btas waktu untk seorang Tni Al menikah?Mhon bantuannya :)

  85. Bener bener artikel pengantar tidurr yg mengasyikan . Nda ad yg terlewatkan saya baca comment-comment mbak mbak smua .
    Bener bener saya salutt dan ikut bangga walaupun Saya belum menjadi bagian dr kalian ..

  86. Bahagia bgtz begitu nemu ini blog…
    Bs sdkit pny tmen wat sharing….
    Cz Q slah seorang yg sedang drudung gelisah,,,plus khawatir juga…bhkan sampe takut,,alhasil ga bisa makan dan tidurpun tak nyenyak…
    Q sedang menjlin hubungn dengan seorang anggota TNI AU, sudah bertunangan setahun yg lalu,,dan sedang mencari hari baik wat melangsungkan dermaga pelabuhan cinta kami,,si doi dah wanti2 agar Q mmpersiapkan berkas2 yg hrus dlengkapi wat nkah kntor nnti,,,rncna desember ne mo pengajuan…mohon doa’y y semuaaaa…
    Tp yg jd pkiran adlah,, Q sangat takut klo nanti saat di tes Q malu2in…mksd’y, Q kan org’y grogian,,jgn2 nnt pas dwawancarai Q ƍ bs jwb,,bkny ƍ tw tp kdang krna grogi tu lah lidahQ jd kelu…
    Trz dtmbh lg dg tes virginitas tu,,,parno bgt deh dnger’y…tkut ϑ apa2n getuu…
    Wat para mba2 sekalian,,,mhon tips2’y donk saat nkah kntor tu,,,gmn ngadep’y,,gmn cra brbicara’y ato yg lain’y…biar bisa dprsiapkan,,,
    Dan terakhir doain y smua’y lancar…
    Amiiieennn….​​º°˚˚°º♏:)ª:)K:)ª:)§:)Ǐ:)♓º°˚˚°…

  87. Mba aku lagi bingung nii, kebetulan aku di jodohin sm keluarga nikah sm TNI, kl aku sm dia sii dah okey, setelah baca dari atas sampe bawah koq aku jadi ragu yaa mw nikah kayaknya syaratnya ribet bgt, karna harus ada tes virgine, apa bener yaa di periksa secara real sm dokter? Trus kl tau dah gak virgine gak jadi nikah dong? Minta penjelasannya yaa mba kirim ke email aku yaa eva_redtomato@yahoo.co.id
    Terimaksi

    • kata omq se,itu trgantung individunya….yg cow isa nerima gag lok cewx uda gag prawan???lok emg cinta n trima apa dany gag bakal jd masalah mw prawan ap gag nya,,,,
      tp yg jd msalahny,,,tr dcatatan kantorna “si TNI menikah dgn si ISTRI yg sudah gag prawan” GITUUUUUUUU……

  88. askum smw…hhmm share yuk tmn2…
    aq jg pny calon suami TNI AD…tahun dpn qt maw nikah skrg lg mulai ngurus surat2 bwt nikah kantor…
    lha mslhny calonq it d yon 753 papua sdgkan aq d jawa…ad yg blg kalo maw nikah kantor aq hrs k papua dulu ad jg yg blg g usah ikt ksana cm ikt ngurus surat2ny d jawa az trs dkrm k ppua..yg bnr yg mana yw?ad yg taw g?trs aq jg msh bingung ney syrt2ny ap az yw?aq jg msh bertanya2 ap ad tes keperawanan it?tlg bls yw bwt yg taw…mksh yw….
    salam kenal semuany…..

    • ws mba phina…..yg bner qt ga harus ke papua,ak jg baru nikah bln sept 11 kmrn…suamiku di papua juga…ak dijawa.ak ngurus surat di kantor terdekat nanti dikirm ke papua….ntar klo dh beres suami tgl plg ke jawan qt bs nikah di jawa

    • ass,,, Maf yaa Mba Phina,,, klw bleh tw nma calon suami Mba Phina cpa???… kita sama ya calon suamiku jg tgasx di batalyon 753 Papua,mungkin calon suami kta saling knal??? dan mungkin kita bisa saling knal satu sma lain???….

  89. mbak2 semua,gmn ya syarat nikah dgn prajurit TNI dan ditanyain apa aja?
    Bila saya berkerja dipegawai negeri sipil
    Apakah surat keterangan dari kantor saya dminta juga?
    Apa hanya dikantor calon saya saja?
    Mohon jawabannya mbak

    • sbg seorg PNS kt ga ad ngeluarkn surat ap2,,,paling surat ijin atasan, krn ngurus nikah ama tentara lama,,,sedikit repot sch,,,tp asyik,,,saya aja dulu sampai menangis dan minta di batalkan udh ga sanggup,,,kebayangkn bagaimana rasanya dari pagi ampe sore pakai baju PKS, mau ngadap komandan, padahal udh janji tp d pending trs krn alasan ada tamu,,,tp itu pengalaman hidup,,,kt hrs mensyukuri,,,

  90. salam sayang dan hormat untuk mbak mbak smua ..

    sangat senang dapat membaca semua tulisan di sini ..

    semoga suatu hari nanti saya dapat bergabung dan menjadi bagian dari PERSIT ..

  91. bulan januari rencana ni tapi baru rencana mau ngajuin, syaratnya pa ajah si mbak????????????? katanya ribet juga yah. salam kenal ya mbak dina.

  92. hmm… q jg calon s’org istri TNI AU qt sudah mrencanakan kpelaminan,, bhkan dia sudah mmpersiapkan smua’y dr skarang,,, q bgitu salut dg dia dsmping bgitu berat tugas yg d’emban’y dia jg bgitu sngat prhtian dan memikirkan masa dpan qt subhanallah dia calon suami yg sngat hebat. smngat ya buat para calon istri tentara… tuhan akan mmberikan jlan buat qt…

  93. Salam kenal ya bwt mbak2 smua,,wktu ktmu tulisan ttg ni,,aq langsung bca commentnya dr awal ampe akhir,,semangat ya bwt calon dan yg dah jd istri tentara,,aq jg mw tanya dong,,klo fisik qta lemah (cpt drop klo kecapean),,itu bsa lulus tes jd istri tentara ga??

    • maaf mbk,,,mau jwb dikit yach,,,
      Menjadi anggota persit ga ad hubungannya am fisik,,,kita kn mau jadi isteri tentara, bukan tentaranya,,,, yg ptg jaga nama baik suami, slalu besikap santun, rendah hati… jgn suka cari muka am ibu komandan, biasa aja,,,jd lh diri sndiri……..level complite dch,,,

  94. Intinya kalau jadi istri Tentara harus sabar, tabah dan ikhlas yang paling utama. Saling percaya harus ditanamkan Bu. . . .Semangat buat semuanya.

    SALAM DARI BAPAK TNI

  95. Betul bgt..
    Tp yg msih bingung knp hrz 3 aktvts itu y?
    ​3-|♧˚˚°Ĥυ̲̣̥uf†̥t˚˚°♧#:-s
    Anh2 aj y..
    ​ツ ĦΕΕĦΕΕ ټ ĦΕΕĦΕΕツ

  96. saat ini aq dekat dengan perwira…..
    diantara kami sudah timbul benih-cinta…..
    tapi saat aq membayangkan jika akan menikah dengan seorang perwira aq masih belum sanggup untuk membayangkannya….
    memang benar dia selalu berkata kalau menjadi istri perwira itu harus bisa bergaul dengan istri perwira yang lainnya. walaupun derajat pendidikan kita lebih tinggi di antara ibu2 perwira yang lain kita harus bisa beadap tasi. harus ikut kegiatan ibu-ibu persib….hadoh,,,,padahal aq sama sekali tidak bisa main voleey, apalagi tenis… berenang boro-boro timbul…..tapi karna aq sudah kuat dengan cinta ini aq harus benar-benar mempersiapkan diri ini untuk hal yang terburuk sekalipun…..

    miiss u AZ………semoga aq bisa jalani hari-hari q nanti dengan ikhlas dan ridho…

    luv TNI

  97. hehehehe,,membaca blog ini dan komen2 yang tidak saya lewatkan satu pun membuat saya tersenyum-senyum sendiri,, ^_^
    saya sekarang sedang dekat dengan seorang TNI AL,,,
    hadew,,sejak awal saya membuat kriteria suami idaman, tidak ada satu PUN saya menulis kriteria SEORANG TENTARA,,,blasss,,tidak ada sama sekali saya berpikiran untuk menjalin hubungan dengan seorang TNI..
    huhuhu,,tapi apa mau dikata, cinta tak pandang profesi, hehehe,,saya kecantol sama seorang TNI :D :D.

    baca blog ini membuat saya menjadi membuka mata lebar-lebar tentang suka duka menjadi istri TNI termasuk keribetan ketika mengurus tetek bengek ketika mau menikah..*tengkyu ya buk atas inpo2 nya*

    asli bikin saya @,@ tuing,,tuing,,,–>> saya juga agak shock dengan segala jenis tes ketika mau menikah,,huwaaaaaaaaaaa…saya itu orangnya gampang capek dst (pelajaran olahraga g pernah lebih dari 7,,hag,,hag,,)

    mohon doanya aja,,jika memang itu terbaik bagi saya Insya Allah akan dpermudah dan dikuatkan oleh Allah Ta’ala,,Amiin.. ^_^

  98. hmmmmmmmmmmmmm knp smua pd ribet tentang pengajuan nikah ya insya alloh klu mang kt yakin akan membina rmh tangga dng seorang TNI smuanya akan dlncarkan kok………..yg pnting kt yakin z n kita ngikutin peraturan yg ada dibatalion calon kt pasti insya alloh akan dmudahkan mn ada orang mw mnkah dpersulit nikah adalah ibadah menghindari hal hal yg buruk…………hmmmmmmmmmm nanti deh aku berbagi crita doain gue y insya alloh nanti bln desember mau ngurus sampul dei mg smuanya lancar dan akirnya bs bergabung dgn persit kartika candra kirana

  99. yg paling mnakutkan buatq tuh kalo ada hubunganya znior junior. kan aku bukan zeorang yg mudah dAtur(keraz kepala) :-D jika atazan itu zalah. tapi inzyAlloh bizalah ngatur emozi&menempatkan diri dTengah2Ibu perzit laennya.
    tapi menurut mbak2, kalau tidak tinggal di azrama tdak apa2 kan? zecara aku pengen nyari penghazilan yg cukup buat biayai sekolah anakku nanti. cz katanya penghazilan tentara tu tdak zeberapa dBanding penghazilan penguzaha…

    thankz buat mazukannya ya mbak…^_^)Y

  100. Salam kenal buat mbagh ” semuanya
    .kuu seneng banget liat smua tulisan yang ada disini….smoga jerih payah kita dari pacaran sama tni bisa sampai menikah dan langgeng untuk selamanya….aminnnn

  101. hmmm ribeedd jgaa yaaa trnyata,,,mnjadi seorang istri tentaaraa,,,,tapi gpp..
    krna apapun jika kita jlanin dengan ikhlas pasti akn mmbuahkan hasil yng mnyenangkan,…
    mudhan,,pernikahan ku nanti mjdi awal yng indahh,,,yaaa wlopun ribedd kya yng dcrtain mb dinna,,,,hehehe…
    tpii mkasi mb dina atass crtanyaa,,jadi bhan buat bljar,,
    lam knal muanya…..

  102. Wow Ternyata Jadi Istri Prajurit Ga Enak Jg Yea?
    Tpi Mengapa Smpai Detik Ini Cintaku Hanya Untk Seorang Prajurit AD ??
    Ohh..Ya Buat Ibu” Persit Disini Slm Kenal Smga Kita Kan Bertemu Ketika Ak Jd Kowad..
    Mohon Doany Ya Ibu” Smga Perjalanan Tes Ku Ga Ad Hambatan

  103. ho ho adek adek calon istri tentara/istri tentara muda..obrolan menyentil saya untuk berkomentar…..berhubung saya menjadi istri tni sudah puluhan tahun…saya cermati bahwa istri perwira muda jaman ini lebih asertif , lebih berani mengungkapkan pendapat… itu baik adanya..karena organisasi dimana para istri tentara butuh perubahan dan kemajuan…jangan mengikuti yg sudah sudah saja, jaman sudah berkembang, apalagi tehnologi semakin pesat, seperti aturan mengutarakan pendapat dengan senior, aturan berorganisasi dan lain lain harus disesuaikan dengan sekarang…siapa lagi kalo bukan adek2 yg membuat gebrakan….
    Ladies….the world is so wide…you can explore it..tanpa harus mengandalkan atau mengharapkan suami kita menjabat ini dan itu dengan mencari muka istri senior atau pejabat….Buktikan bahwa engkau wanita yang luar biasa mengubah dunia tanpa meninggalkan kodratnya sebagai Ibu rumah tangga dan sebagai istri….

  104. Salam kenal bwt smuax

    Tunangan q seorang perwira TNI AL, sejak awal pacaran q langsung LDR an, tunangan q dinas d jakarta n q hrus kuliah d jatim, memang berat bgt ngejalanin LDR-an n aq jg blm terbiasa dg kehidupan militer, banyak hal baru yg q dapet dr hub q ne. Intinya harus sabaaar bgt, pengertian dg pekerjaan pasangan, dan tentunya harus setia n yg t’penting selalu menjaga komitmen yg udh dsepakati bersama. Q hrus nunggu 9 bln bwt bsa ktemu sma pacarq (yg skrg dah jd tunganq) dy dtugasin d kapal aktif, yg sulit bgt dpt ijin plg(maklum mci junior) dan 9 bln bkan wktu yg singkat, dmn q hrus sbar n g boleh iri sma tmenq yg jg pacar perwira yg pacarx bsa plg 2 bln sekali. N itu semua tentu sangat tdk mudah.apalagi waktu ditinggal layar, buat sekedar kirim sms atopun bbm sulit bgt nyampenya krna dlaut kan g ada sinyal Namun ‎ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ akhirnya dia dapet cuti 5 hr dan kami bertunangan sekaligus lamaran jg, rasax bahagia bgt setelah nunggu 9 bln n akhirnya ketemu n langsung dilamar. skrang kami kembali LDR-an lg krna
    tunanganq hrus kembali k jakarta, n kapalx harus layar yg artix hrus super sabar nunggu dia,, dah 5 bln dy lom bs pulng lagi,,, semangaaat buat calon istri tentara yg msih berusaha beradaptasi dg pekerjaan pasangan msing2

  105. Halo….
    Saya Mye. Saya selalu berpikir kalau saya akan menikah dengan tentara, Siyalnya sampe sekarang saya tidak kenal satupun tentara :-D
    Menarik membaca suka duka menikah dengan tentara termasuk segala keribetan dalam mepersiapkannya, dan menarik mengetahui ternyata status keperawanan, hubungan dengan komandan dst menjadi isu penting disini:)

    untuk teman-teman yang menikah dengan tentara, ada yang selalu menjadi pertanyaan saya, mungkin bisa bantu menjawab atau share pengarlaman. pertama, apa boleh istri tentara berkarir? karir jenis apa? apa mungkin istri tentara berkarir di lingkup internasional yang harus sering pergi meninggalkan negara atau sering meninggalkan kota? kalau misalnya suami sedang bertugas (on mission), boleh tidak istri misision juga (terutama masih belum punya anak misalnya)…

    makasih yaa sharingnya (masih berpikir akan menikah dengan tentara, jadi sedang menyiapkan back up plan untuk pilihan karir)

    salam

    Mye

  106. Slm kenal mba” smua. Senang bgt rsx bc blog in cz byk crita n pngetahuan utk sy. Kbetulan pcr sy jg seorang TNI AD yg sedang btugas dperbatasn kaltim-malaysia. Untungnya msh bs kmunikasi wlu kdg sinyalx rada susah. Tp tetap semagat menunggu kpulangannya. Semangattt smua ya…. mnunggu kpulangan mrk…

  107. Ngomongin soal suka duka isteri tentara, aQ jd ikut penasaran nie…..
    Kebetulan calonQ adalah seorang TNI-AL.Awalnya gak ada blass cita2 dapetin suami tentara. Tapi apa mau di kata.manusia hanya bisa memprediksi dan menjalani skenario yang udah ada.

    Saat ini yang jadi pikiran tuch nikah kantornya.Klo liat dari obrolan mbak2, kyaknya ribet bgt yach..deuh……………..apalgi ditmbah tes virginitas,hiiiiii….
    Masa sich?Sbnere bener ada pa gak ya?????

    • Q jg msh pnsaran mb misua q jg tni al,bnr ap ndk dng tes it.q tny mb2 q yg udh nkh dgn tni g ad sm sekali.insyaallah q mau tunangan bntr lg n jg pengajuan.mga qt bdri kudhn jg klncrn yaa.amien

      • salam kenal
        kebetulan tunangan saya juga seorang TNI AL
        dia tugas di papua dan saya ada di jawa
        yg penting dlm suatu hub ada kepercaya’an dan kejujuran
        masak sih tes xa se ribet itu?
        tpi ya gpp asal kita menjalankan dg iklas dan sabar smua pasti lncar”aja kok
        jaya slalu JALASENASTRI

  108. Assalamualaikum wr.wb. all,
    senang ne bisa gabung di bloc ini. coz bs menuangkan pikiran tentang menjadi istri TNI-AD…..kebetulan saya menikah dengan TNI dan mw g mw gelar PERSIT sdh sy sandang.
    Suka dan duka menjadi PERSIT ????
    Suka : Lebih disegani oleh masyrakat tw lingkungan kita n selalu menjadi sorotan orang lain jadi kita hars menjaga sikap, dan tidak kalah pentingnya walaupun menjadi istri TNI-AD dengan gaji yang sangat Pas-pasan, tetapi aku sangat Bangga bisa jadi Persit, karena banyak juga yg melirik utk menjadi istri TNI, Jadi aku bersyukur krn aku bisa menjadi salah satu istri TNI-AD.

    DUKA: Sering ditinggal suami krn sang suami dapat perintah operasi atau pindah tugas n mw g mw ya hrs mw dan jg hrz mw bobox sendirian…hahhaaaaaaaa

    Ok ! ini ceritaku…Bagaimana ceritamu????

  109. wuih rsne sll deg2an pnya cwok tntra
    aplg klo long distance kyk gni
    tkt si dia bnyk yg godain,he3x

    tp ins4JJ ak prcy dia
    mhn doany y kakak2
    spy ak bs sgra mnyusul n menikah dgn dia
    amieeeennnn…

  110. mau tanya nie, sandainya cewek yang jadi pacar tentara itu gak virgin apa seorang tentara trsebut kena sanksi ????
    kalau yang merawani bukan tentara itu sanksix apa
    lok yang merawani tentaara itu sanksix apa..

  111. Wah wah.. Wah… Kl searcing2 ktmu blog yg bikin aq galau, hehe, tp alhamdulillah masukan dr blog ini, ribet memang jd istri tentara, di tinggal ke mana mana, ngerasa di cuekin, tp nanti pd saat mereka lelah dlm pekerjaannya bisa ambil syurgaa di suami mba2 semua, jadi yoo santai saja, ndak usah takut berbagi sm negara, insyaallah itu jalan menuju syurga, heheee… Awalnya sebelum nikah jg kita dah di repotin sama yg namanya nikah sipil kan “pengajuan”, harus, pke baju persit, menghadap komandan, tes ke sehatan, perkenalan.. Wahh… Menurutku istri tentara itu lagi nenteng2 syurga deh.. Oke mba2kuu.. Salam kenal, :) keep fighting n spirit!! :D

  112. salam kenal mbak….
    mau ikutan gambung dan berbagi cerita nih…
    aku juga jadi rekanita seorang TNI AL…
    ya…banyak suka dan duka sih…selama 6th bersama. apa lagi waktu dia di surabaya…jadi ya LDR gitu…memang butuh perjuangan yang bener-bener luar biasa. apa lagi kalau denger2 kabar2 miring gitu…
    aku mau tanya syarat jadi istri perwira tuh apa ya….? apa ada test yang ribet kaya daftar TNI bigitu??
    semoga saja saya bisa jadi anggota jalasenastri, amin….

  113. Tpi ak pgen kalau ada pcr or istri to tntra biar sma pr0psi@. .krn bysa sikuat to jgo ngesek btol tak. . .kikikiki

  114. emang iya menjadi calon istri TNI itu seribet itu kah?
    yang penting kita iklaz dan sabar smua pasti akan mudah dan lancar kok
    dan saya percaya smua akan indah pada waktuxa
    amin smoga dilncarkan jalanxa

  115. pacarku juga seorang tentara mbak, emang harus sabar dan coba selalu mengerti :) insyaALLOH pasti bs menjalani semua dengan baik kok, tergantung niatnya kita aja

  116. kaya’.a seru ya mb’…
    B’sabar dan setia…M’nrt ak..kita pnya kebangga’an T’sndiri…
    Cayyooo lah….^___^
    salamm kenal aj ya mb’…=)

  117. Ak ikt belajar nech mb’…moga aj bisa keasampe’an..
    masalah militer ak suka sech mb’…berhubungan dengan MILITER dan TENTARA pnya ke’BANGGAAN t’sendiri…
    wlapun banyak hal yang prlu d’prhtiin klo mu jd istri.a tentara…tapi kalau dijalanin aj..g’ usah di bikin ribet..
    Makasieh yakk mb’…

  118. menjadi istri tentara, itulah cita2 saya sewaktu kecil, entah dari mana tiba2 muncul keinginan saya itu. mungkin karena saya melihat anggota tentara itu adalah sesosok yang gagah, pelindung bagi yang lemah. Sampai usia remaja pun saya tidak tertarik dengan laki-laki yang bukan anggota TNI,hal itu yang mungkin membuat saya tidak punya pacar dan selalu diejek teman2 saya. pada saat duduk di bangku perkuliahan saya baru memiliki seorang kekasih, yang sedang berjuang untuk mendaftar menjadi anggota. namun, rupanya keinginan saya yang sangat kuat itu perlahan harus saya lupakan, karena pacar saya berkali-kali mendaftar tentara selalu gagal. Akhirnya pacar saya kuliah di salah satu akper tempat kota kami tinggal. Dan sampai sekarang, saya berusaha membuang keegoisan saya untuk memenuhi keinginanku pada masa kecil, atau kalau bisa harus memusnahkannya meskipun di lubuk hati yang paling dalam keinginan itu masih tetap ada.selamat bagi saudari2 yang menjadi anggota persit, dan selamat juga bagi para calon ibu2 persit. saya bangga melihat kalian.

  119. salam kenal buat semua para calon istri dan istri TNI…..
    Kebetulan saya sdh belasan tahun (16 th) menjadi istri seorang perwira TNI sejak awal menikah dan juga seorang peg BUMN (3 thn sblm menikah sdh bekerja) …dan mengenai ke GALAU an yg dirasakan…tidak perlu terlalu dirisaukan karena seperti yg sudah disampaikan dg Mb Senior sblmnya adalah benar bahwa dunia begitu luasnya dgn segala kecanggihan teknologi & perkembangan yg begitu pesat serta organisasi sdh mengikuti jaman.Dan sepanjang kita berlaku sopan ses norma serta etika umum serta tahu posisi senior dan junior, insya Allah kita akan bisa beradaptasi dimanapun berada…bahwa saat awal harus menjadi junior & byk penyesuaian itu adl alamiah…karena secara umum seperti itu kehidupan di TNI dan dia adalah pilihan (Insya Allah-utk yg calon) hidup kita dengan segala resiko dan konsekwensinya..(sereem yaa sptnya) tapi tenang..jaman sekarang tidak seketat jaman dahulu saya apalagi jaman ibu saya (alm ayah saya TNI)…dan saya alhamdulillah masih bekerja s.d saat ini masuk th ke-20…Semoga bermanfaat buat semua..wass

  120. banyak banget prosesnya yaa…
    dulu sama skali gak mau pnya pendamping seorang anggota, tp mana tau qlo tmn sma yang jg pcr aq itu jadi tentara….udah sayang yaa jalani aja. jujur banyak dukanya, harus LDR, sering miskom, dll.
    berharap ci rencana untuk jadi ibu persit bisa lancar pada saatnya.
    semangaaat semua n lam kenal :)

  121. numpang komen ya mbak..
    jujur aja, jadi istri tentara itu mungkin agak beratnya karena harus tinggal diasrama, bareng ma beraneka ragam sifat dan karakter. Ada yang baik, ada yg usil, dan yang kurang kerjaan juga banyak. kalau gak ikut ngegosip.. ya digosipin. Kalau pimpinan gak bisa bersikap netral, ya terpengaruh juga….
    kadang saya merasa seperti mengalami pembodohan. cukup ngangguk-ngangguk ajalah kalau mau selamat. gimana donk… dengan kita yang kerja dari pagi ampe sore trus nggak bisa ikut nemenin ibu-ibu yg ngerumpiin siapa aja yg lewat, pakai apa, bawa apa. Terlalu banyak hal lain yang lebih urgent untuk diurusi. Bahkan ironisnya, seorang istri komandan pernah dengan sinisnya bilang ” pegawai apa yang jam segini (4 sore) belum pulang!” sorry to say bahwa ibu itu kurang pengetahuan, ya.. namanya juga PNS dengan lima hari kerja, tentu gak sama jam kerjanya dengan yang 6 hari. Maaf ya, kita kan disuruh mendukung tugas suami. Dan suami mati-matian bertaruh jiwa raga untuk menjaga NKRI ini. Sedangkan di persit.. kok kita dipaksa ikut kegiatan sehingga meninggalkan tugas pekerjaan sebagai anak negeri dengan bolos dan pulang lebih cepat. Mungkin mereka lupa, kalau kita juga bekerja untuk NEGARA REPUBLIK INDONESIA tercinta ini, sama seperti para suami, bedanya hanya.. kita berada pada sektor lain. Dan.. atas waktu yang terbuang dengan tidak amanah dari jam-jam kerja yang tercuri itu… apakah itu bukan suatu kesalahan pada negara. Sudah saatnya paradigma tentang persit itu diperbaharui, kalau anggota persit dapat memberikan manfaat pada masyarakat dengan berkarya dibidangnya masing-masing bukankah itu lebih baik? Persit harus maju, jangan hanya kumpul-kumpul dan sekedar ngerumpi aja.Jangan hanya mengkoreksi tapi harus terima dikoreksi. Kalau seorang anggota tidak hadir dalam kegiatan coba jangan hanya dilihat bahwa “dia tidak hadir dan matilah dia”. Coba bayangkan… mungkin saja dia sedang menolong orang yang meregang nyawa di rumah sakit tempat kerjanya, atau dia sedang menyidangkan suatu perkara, atau sedang menghitung pajak pendapatan yang akhirnya masuk kas negara. Bukankah semua karya itu lebih baik dari pada hanya berkumpul dan bermain volley bergiliran sambil duduk-duduk ngerumpi. Maaf… kalau harus jujur itulah yang saya rasakan dan alami. Mudah-mudahan suatu saat Persit tidak kaku lagi dan menjadi maju seperti organisasi yang lain.

    • waahh suka bgt sama pemikirannya mama cha-cha, salam kenal mama cha-cha, calon saya juga seorang tentara, terus terang saya sampai ga bisa tdur memikirkan ketentuan dan resiko menikah dengan tentara, untuk mengenai ditinggal tugas saya tdk masalah, hanya saja isu meengenai ketidak bebasan berkarir untuk istri tentara yang sangat saya khawatirkan, serta mengenai isu2 kegiatan persit. samapi2 saya mendengar dari kerabat saya yg juga menikah dengan tentara namun dia juga wanita karir diberi pilihan mau pilih suami atau karir?, benar2 membuat saya memikirkan hal ini dengan begitu mendalam dan membawa kegundahan dihati saya. saya sangat mencintai calon saya, tapi saya juga mencintai pekerjaan saya yg selama ini telah menghidupi saya, saya tidak ingin mengecewakan kedua org tua saya yg telah membiayai kuliah saya, yg telah bersusah payah menyekolahkan saya, dan semuanya harus berakhir hanya karena saya menikahi seorang tentara dan mengikuti kegiatan persit? bisakah saya tetap berkarir setelah menikah nanti?terlebih lagi saya adalah pekerja seni yg pekerjaan saya aktif di bidang entertainment yg menuntut saya pergi kesana-kemari sampai keluar pulau dan keluar indonesia pula, adakah kebijakan untuk itu? minta saran nya apabila kakak-kakak ada yg mempunyai solusi untuk saya, terima kasih. . . .

    • setujuuu banget mbak,saya juga senasib dengan mbak,apalagi kalau terpisah dengan suami,dikit2 disuruh balik ke mayon lah,,padahal kita kan juga abdi negara,,jadi seperti makan buah simalakama….

  122. mba2 dan ade2 sayang…
    menjadi istri TNI adalah sesuatu yg tdk perlu dijadikan beban.
    ribet siyh mgkn emang iya (secara, kita menikahi seseorang yg diamanahi utk menjaga negara).
    proses2 yg harus dilalui tdk sama, misalnya utk tes kesehatan yg ada tes virginitasnya, itu berlaku utk istri perwira.
    persyaratan administratif palingan SKCK calon istri, SKCK ortu calon istri, copy ijazah terakhir, copy akta kelahiran, pas foto. udah :)
    & paling ntar ditanyain ttg kesiapan mjd istri prajurit, apa yg mjd alasan kita mau menerima dia, dsb.
    yah logikanya siyh gampangnya gini, kenapa tes2 itu dilakukan, krn sebenernya negara ga mau anak2 gadisnya kaget stgh mati dgn lingkungan militer ^_^ makanya mulai dibiasain sistematis dari awal… kan biar kita ga cengeng saat hrs bener2 mjd istri prajurit ;)

    ayoo sharing dgn saya, mjd istri TNI itu tdk menyeramkan kog. macam senioritas jg msh ada, tp yahh anggap easy adja. ^^
    istri TNI boleeehhh bgdddd berkarir (saya hingga saat ini msh nguli di kantor, dan fine2 adja tuh :D)
    kegiatan organisasi (setau saya) itu sifatnya opsional yahh, ga fardlu ain kudu ikut, titik :p
    boleehhh ga ikut, saya adja kegiatan persit ikutnya cmn kalau lg senggang, toh suami jg ngebolehin ga ikut…
    tugas utama kita mendampingi suami kan, sooo, selebihnya adalah hal sampingan adjah. :))

    saya bangga menjadi anak kolong (papa saya TNI AD, dr kecil sering ngeliat & ngikut mama klw lg ada kegiatan persit & pengajuan nikah aggt)
    saya bangga menjadi istri tentara, saya bangga menjadi istri dokter (suami saya kebetulan perwira karir, dokter spesialis bedah TNI AD ehehe ^^)
    & yg terpenting, saya bangga menjadi istri dari suami saya sendiri, yg tetap sederhana, bersahaja, saya mencintainya bkn krn pangkat & jabatan
    tp sperti kata Jazon Mraz : “…coz you’re amazing, just the way you are…yeahhh…” ^_^

  123. Waduhh nantinya ªK̶̲̥̅̊υ̲̣̥ harus bgtu juga ϔ
    Pdhl ªK̶̲̥̅̊υ̲̣̥ ini manja ngalem. ϔ ªK̶̲̥̅̊υ̲̣̥ harus brusaha mandiri dan kuat dunk. Smga ªK̶̲̥̅̊υ̲̣̥ bisa

  124. Salam kenal yang buat semua buat calon ibu2 persit….

    pacaran sama tentara banyak suka dan dukanya seperti aku inii yg udah 5tahun pacaran…
    awalnya siih aku sering bertemu dengan dia saat baru pacaran tapii setelah 5tahun berlalu kamii sudah jarang bertemu bahkan tak pernah lagii karna kesibukan diaa hanya Smsan sajaa…..yaa begitulah klo pekerjan semakin tinggi jadii semakin sibuk juga tapi tak apaa itu sudah jadii konsekwensii aku dalam memutuskan menjalin hbgn dgn seorang tni walaupun keluargaku sudah cerita sama aku klo menikah sama tni itu susahh minta ampun apalagi klo tinggal asrama dan suamii lagi ditugaskan tapii saya tak mau memikirkan itu semua karna saya belum menjalaninyaa,,Insyaallah tahun depan saya sudah menikah karna saat inii rencana ingin menguruss dikantor dulu…
    Doain yaahh teman2 semua semogaa pengurusan merriednya lancarr supayaa bisaa bersama dia seutuhnya ….. :) :) :)

  125. hmmm riber yah mbak , bleh nanya gk? prosedurnya apa aja mbak klo mau nikah sama tentara,

    soalnya saya punya pacar seorang tentara, dan insyaallah kami akan menikah, prosedur yang harus di penuhi apa aja mbak? :)

  126. sekarang aku lg ngurus-ngurus surat permohonan nikah di kantor calon suamiku, kebetulan calonku Perwira TNI-AD yang bertugas di saumlaki……gak repot kok mbak2…yang penting kita rela menjalaninya, INSYA ALLAH semua ringan tes2 yang kita jalani……mudah2an aku bisa menjadi istri tentara, mudah2an aku bisa sabar, ikhlas dan tawakal mendampingi tugas suamiku…..

  127. thanks buat informasinya ya….tunangan sya seorang Tentara AD, tapi sayangnya hrs rela ditinggal demi tugasnya jadi seorang ajudan pangdam…sy jg hrs sibuk dgn tugas sy sndiri,,,komunikasi pun sgt terbatas,,,nasiib…nasiibb…rencana menikah tahun depan,,doakan lancar ya buu…

    semangat deh buat ibu persit…

  128. thank ats smua infonya..
    kbtulan clon sy jg serda TNI AD.Hemm kyknya enk jg tuh jd isteri tni, cz ktka pcrn z sifat mlindunginya sgtt sgttt kuat, aplgi klo ud nikah y????
    mdah”n lebihhhh
    aminnn

  129. hem…keren-keren komentnya sampai2 g terlewatkan bacanya…heheheh
    pengen banget punya suami perwira AL….doain ea mbk2…..amien…….

  130. Selamat mlm…
    Mau tanya……Kan katanya kalo pengajuan ada test virgin kalo misal udah gak v dan itu sama tara nya….blh gak nikAH?…trz ada kah sangsinya??
    udh trlanjur,,,,Takut kalo gak kelak g bersatu.T_T

  131. Postingan ini mungkin saya baca paling lama hanya beberapa hari setelah ditulis. Saat itu dipikiran pendek saya cuman bilang ‘bukan gw bgt untuk jd istri tentara, perlu 1000 kali berpikir utk jadi istri tentara.’ Apa yang terjadi 3 tahun kemudian? Saya menerima lamaran seorang tentara. (Kurang lebih 1 tahun lalu). Sekarang kira2 baru 8 bulan saya resmi menjadi bagian dari PERSIT. Mgkn ada baiknya saya mengulang membacanya,,

    Melihat pengalaman mba-mba, yang sudah lebih lama terjun di Persit mungkin bisa jadi pelajaran buat saya, ada yang sama sekali dengan yang saya alami, dan ada juga yang jauh berbeda. Kesimpulannya adalah semuanya bergantung pada kita sendiri, dan tentu ‘sang istri komandan’

    8 bulan di Persit mungkin membuat saya belum pantas berkomentar banyak. Tapi yang sejauh ini saya alami adalah, benar bahwa perlu menjadi ‘tangguh’ untuk menjadi istri tentara. Saya tidak pernah bilang menyesal menikah dengan suami saya sekarang ini. Bagi saya, beliau adalah orang yang paling mengerti saya saat ini (selain si penulis blog tentunya), bahkan ketika air mata saya mengalir deras, ketika saya hampir menyerah karena apa yang saya hadapi di kehidupan Persit. Tidak menyangka ketika semua usaha yang saya lakukan dibilang ‘elek-elekan’ oleh Ibu komandan. Ketika saya dipersalahkan atas sesuatu yg (saya rasa) tidak saya perbuat, ketika saya dikatakan apatis, tidak loyal, dan tidak cukup cerdas untuk menjalankan sebuah tugas. Kejam, ya, kedengarannya, tapi memang itu yang saya alami. Kebetulan saya memang salah satu Persit yang bekerja. Membagi waktu antara Persit, Pekerjaan, Keluarga, dan bahkan mengurusi diri sendiri (yang alhamdulillah sedang hamil 7 bulan) adalah hal yang sangat sulit bagi saya. Jujur saja, yang membuat saya masih bertahan saat ini adalah kecintaan saya sama suami dan mengharap ridho Allah SWT. Kebetulan juga jabatan suami membuat saya harus menjabat sebagai ketua ranting dalam organisasi Persit. (Bagi sesama Persit, pasti ngerti) yang membuat kesibukan jadi ‘double’ Tanggung jawab juga jd ‘double’, tanggung jawab ke atas dan ke bawah. Ketika saya mengerti rasanya tdk ‘dimengerti’ oleh ibu komandan, ketika perintah ini itu tdk berhenti datang menuntut diselesaikan secepat2nya, ketika usaha keras saya dengan perut yang semakin membesar ditambah mual2 yang hampir setiap hari saya rasakan (klo soal makin sensitif, jangan ditanya) kemudian ‘dihargai’ dengan perkataan apatis, tdk loyal, elek2an, dan segala ancaman bahwa suami saya akan terancam karirnya gara2 saya, membuat saya lebih bisa menghargai sekitar 70org ibu2 Persit yang tergabung dalam ranting saya. Membuat saya menghargai mereka lebih ke sebuah keluarga baru buat saya, menjadi teman dan sahabat, bahwa mereka juga seorang pribadi yang punya kepentingan lain, mereka punya tanggung jawab lain atas karir yg mereka jalani di luar Persit. Di samping tanggung jawab utama mereka mendampingi dan menjadi pendukung bagi suami. Mmmhhhh.. Terlalu panjang ya, komentar saya kali ini. Mungkin bisa lebih panjang lagi kalo saya sudah di Persit lebih lama lagi, ya wkwkwk.

    Ketika menjadi Persit dituntut untuk tangguh. Menjadi ikhlas ternyata jauh lebih penting. Doakan saya tetap Ikhtiar menjalani tugas saya, (terutama tugas saya dalam mendampingi suami). Mudah2an Persit bisa menjadi organisasi yang jadi contoh, jadi tauladan, berpikiran maju dan terbuka, bukan hanya di lingkungan TNI, tapi juga di masyarakat :)

    Oh, ya, buat calon2 ibu Persit yang mau urus nikah, gak usah takut, semuanya mudah klo dijalani sesuai dengan prosedur, percaya aja, jodoh gak kemane :p

  132. thanks tteh atas gambarannya..
    insyaallah minggu ini saya dan bang Riski *pacar saya* mau nikah..
    sekarang tenang, udah ada sedikit gambaran tentang kehidupan kami kedepannya.

    mohon doanya agar dilancarkan. amiin.

  133. slm knal ya bwt ibu persit/clon ibu persit
    thanks ya …..,infonya
    saya jd tau,n mempersiapkan dri dri sekarang mulai dri belajar bersabar,tawakal, dsb.
    Pcar sya jd seorang TNI AD n insyaallah 2 tahun kdpn km akn menikah.
    untuk kedepany mta do’ay mdh”n dilancarkan..amin..

  134. ass slm knl yach buat ibu persit / calon ibu persit…
    cukup membuat deg2 an ats sgala info yang disampaikan tuk jadi ibu persit, jujur sebenernya bkn keinginan saya tuk jadi istri tentara tapi rasa cinta kang masku yang dengan tulus iklas membuatku berniat menikah dengannya, tp rasa cinta ini akhirnya harus rela berpisah selama 4 thn karena saya saat ini menjalani masa dinas di kampus AKBID medan untuk mengajar sementara suami saya tugas di batam,,,,,emang susah sih,,,ap lg klu lg kngen, pas lagi hamil menghadapi masa2 sulit sendirian, tp insya allah dengan tulus dan iklas semua pasti akn terlewati…gak ush takut,,,,kadang kita harus ingat dalam pengabdian sllu ad yang harus kita korbankan….

  135. hahahahhay seru juga baca artikelx.aq jadi ngakak sendiri,klo boleh komen sebenrnya g ribet juga untuk mnjadi istri seorang abdi negara.itu semua trgantung dario individu masing2 saja.

    yah mmg mnjadi istri seorang abdi negara harus mmpunyai sifat siap mental,salah satunya adalah siap mnjadi janda muda (mudah2an ga trjadi) tapi perlu di ketahui,saat seorg pria lulus dari pndidikan militerx n bahkan saat dia masuk /mndaftar sebagai tntara maka saat itu pula ia mnandatangani kontrak kami biasa mnyebutnya dg sebutan “kontrak nyawa” karana mrka siap mati kapan saja demi bangsa n negarax.jadi u/ para ibu n calon ibu persit,jalasenastri,maupun pia ardiagarini. banggalah kalian mnjadi pndamping abdi negara.

  136. Baru hari ini sya membaca semua suka duka istri tentara.. sgt membuat sy prihatin atas kehiudpan wnt2 super seperti anda. Krn Saat ini sya bnyak terlibat dg kelg tentara, krn hampir 80% nasabah ku kelg tentara., sya sering memberikan sosialisasi dan solusi dlm perencanaan keuangaan, kesehatan dan konsep diri u memperdayakan potensi ibu2 persit u menghasilkan karya,uang dan wawasan mjd lebih baik.. insyallah sy akan buat blog u istri tentara agar slalu up todate. Sukses selalu ya u istri2 prajurit…! ingat kesuksesan suami ada ditangan istri yg hebat…!!

  137. Haii mba..
    Ternyata jadi istri seorang prajurit tuh gak gampang yah…
    apalagi sekarang calon q seorang prajurit dia tugas di kostrad…
    hmm… jadi deg2an rasax..pngen tau lagi pengalamn jadi istri seorang TNI gmn ..

  138. hi..slm kenal semuanya..
    awalnya saya lagi cari info untuk persiapan menikah dengan pasangan dan bagaimana pengajuan mutasi agar bisa mendampingi pasangan di batalyonnya. ketemu dengan blog Incredible Dinna ini.membaca komentar-komentar dari teman-teman di blog ini membuat saya jadi ingin menangis dan tertawa di kantor. Pasangan saat ini dinas di Batalyon Infanteri di Atambua.Sementara saya bekerja sbgi PNS di Pusat pd suatu Kementerian. Waktu dan jarak bagi kami mrp KEKUATAN bg awal memulai kehidupan baru nantinya.

    • 1tahun yg lalu saya berpacaran dgn seorg TNI AD.besar harapanku menjadi seorg istri tentara.kayanya asyik aja khdupannya,lbh menantang.dan sy sngt cnta dia,dgn sgla kdsiplinan yg mnyertai hub pcrn kami.tapi cnta saya tdk direstui oleh ortu dikarenakan pangkat pcr saya yg msh prajurit.saya dipaksa menikah dgn seorg sipil.sampe skrg prnikahanku sdh 6bln,sy ingin cerai krn msh cnta mantn pcr saya tni ad.apakah bsa kalau status saya nanti janda lalu ingn menikah dgn bujangan TNI AD?share dong.

      • Kalo janda nikah sm TNI AD yang bujangan, setahu saya bisa2 aja, hanya memang lebih banyak syarat2 yg harus dipenuhi semacam surat cerai, dll terutama kalo mba sudah punya anak dari perkawinan sebelumnya, harus ada surat bersedia menanggung anak tiri, dll. Tapi kalo saran saya, coba nikamti dulu apa yg mba dapatkan sekarang, coba renungi siapa tahu suami mba memang yang terbaik yg Tuhan berikan buat mba.. :)
        Kita tidak tahu tetapi Tuhah tahu. Barangkali suami mba bisa lebih mencintai mba dan menerima mba apa adanya..
        Semagat!! mba..

  139. hehehe..ia sulit bgt rsna ya mempersiapkan diri tuk mnjadi seorang istri perwira AD.. trutama dimana kekasih brada jauh di ujung NKRI :) dan sy d Jkt :)
    tuk sling kbra2an via bbm pun sulit :),,slain krna kondisi sinyal,,kgiatanna yg padat jg sbg faktor utama :)
    Ya Allah SWT mudahkan langkahku agar aku bs sgera mndampingi danon ku :)
    amin :)

  140. aku sendiri suami tentara dari AURI ,pernikahanku dh hampir 5 tahun ,,tp ujung2nya hannya perselingkuhan .bahkan sekarang aku minta cerai ,tp prosesnya susah ,kayak seperti kita mau nikah ,banyak banget yg di urus ,ini dan itunya ,bagi aku jdi istri tentara gk ada enaknya !! cumn keterpaksaan ,,nasib hidup !

  141. saya sering denger dr tmen2 sy ttg sisi negativ aggta tni yg katanya suka selingkuh kalo lg tugas lama di luar kota/pulau, katanya emg ‘dikasi’ fasilitas kyk gt..
    Bener g sih?
    Soalnya seks buat cowok itukan emg kebutuhan

    • klo mnrt saya pribadi dlm sbuah hubungan sangat diperlukan kepercayaan,..apalgi bagi mrk yg berhubungan LDR/psangan sering kluar kota/pulau..plus toleransi yg full..
      memang pria pny kebutuhan seks, tp yakinkan diri anda aja bhw psangan anda hny mau berhubungan dgn psangan SAHnya…

  142. wahhh suka duka jadi calon persit tuh banyak yahh
    yg mau jadi pertanyaan saya adalah calon persit yg persyaratan tentang SKBD,
    itu maksudnya gimana yah….
    nahh klo buyut kita yg terlibat komunis… apa hubungannya dgn kita
    dan kita juga gak tau buyut kita terlibat atau gak
    boro boro kenal buyut, usia 8 tahun aja bokap udah wafat
    rasanya gak adil kan

  143. q pnya pcr seorang prajurit jarak antara krjaq ma dia ndag terlalu jauh cs saking sbke dy jarang temui q,,,
    kmi punya rencna nikah masak syaratx serumit itu waduhh bsa2 q batalin smw ituw kata pcrq istri tentra harus virgin tapiii tentangga q krjax dlu dipanti pijat +++ kog nikah ya ma tentara jdi anehhh thanks tlg ksh saran

    • Byk comment yg mnarik stlah aku bca smwanya.. Kbtulan aku jg insyaallah jd clon persit kartika chandra.. Skrg aku masih urus LITSUS sih.. Ribet psti ngrusnya.. Tp di nikmati ja, qt memilihnya tuk jd imam qt.. Insyaallah jln qt di Ridhoi ALLAH SWT… Smgat!!

  144. Siang… Ibu dinna
    Ijin salam kenal saya salah satu ibu persit dibatalyon zipur 3 kompi B istri dari Pratu hidayat, saya senang sekali bisa menemukan atau bergabung di blog ibu :-)

    • kepada Yth,
      Ibu -iU Anggota TNI
      di
      Tempat

      asmkm wbth,
      saya yakin bahwa allah senantiasa maha melihat akan apa yang di perbuat olah hamba – hambanya …

      Dengan Hormat, Bersama ini saya mengajukan permohonan bantuan dana untuk biaya operasi anak saya dirumah sakit saat ini, sebelumnya karena alasan privasi saya ucaokan maaf karena tidak bisa menyebutkan nama dan alamat saya, namun saya sangat berharap uluran tangan dan bantuan kiklasan hati sekedarnya untuk biaya pengobatan anak saya … saat ini saya kerja di perusahaaan swasta dengan gaji 1,500./bln sementara , saya harus menghidupi anak 2 orang , tambah lagi istri saya tidak bekerja saat ini , untuk itu saya sangat berharap dari kemualiaan hati nya bapak / ibb kiranya membantu saya dan meringnkan beban saya sekeluarga 085213367975 , semoga allah senantiasa memberikan ganjaran kepada pahala yang banyak , atas bantuan dan ini , ila bapak/ ib berkenan Mohon dapat di transfer aja ke rek :

  145. setiap gerak dan perbuatan tangan dari hamba – hamba allah senantiasa dapatkan pahala dan keberkahannya dan kami sekeluarga ngak bisa membalas budi baiknya , namun kami mendoakan semoga sebagai mualaf doa dan harpan kami kepada allah untuk bapak / ibu sekalian mendapat ganjaran pahala yang setinggi tingginya di sisih allah dan di rahmati allah amin ya rob alamin ..waslkm… hub 085319119391….

  146. Asslm wr wb. mau curhat nih,, hehe
    Aku dlu prnah pcran am calon tentara, tp skrg udh jd mantan, dlu wktu pcrn am aku, dy blm jd tntra, skrg dy udh jd Bintara Pk 19 TNI-AD,, emang aku sih yg mutuskan dluan. tpi kmi skrg kyk CLBK gtu,, sempet sih waktu dlu kmi pcrn, dy smpt bilang, klo ntar dy udh jdi tntra, aku lgsung d lamarnya. tp skrg dia udh pcran am tmen SMA aku.. aku blg am dia, klo menikah gtu umurny gak boleh sebaya, krna mmg dy sbya am aku.. dan dia bilang. klo cinta gk mandang umur, dy juga bilang klo dy tuh pngen nikah am calon guru bhs indo,( nyindir Aku), krna brhbung q lg kul d UNIMED jur pnddkan bhasa Indo. …Ibu aq udh ngerasain jd Ibu persit tuh kyk mana, emang bener yg di post diatas, tpi krna ibuku seorg Guru, jd beliau banyak sibuk di sekolahnya dan sdah dpt izin dr ibu dandim klo tdk ikut syarat yg 3 itu, (voli, tenis, nyanyi).. Aku pngen sih pnya suami tntra kyk ayah aq.. tp mauny b’da min 2 thun.. sempet jg sih d kampus, sharing am tmn2 ku yg mmpnyai abg atau pak de tntra, mreka bilang rata-rata TNI nikahnya am Akbid atau perawat, karna kan ada RS khusus Tntra, jd AKBID atau Akper yg dinas d stu dpt jmpa ama tntra yg lg sakit, dan kesannya Cinlok gtu…
    enakny nikah am tntra itu ih, dy gak boleh macem2 alias poligami, krna istri dan anak tni tu d bwah tggung jawab komandan d iatasnya. :)

    tpi klo emang jdoh, ya gk kemana. semoga aja dpt Pak kodok Ijo,, hehe :)
    aaammmmiiiinnn ya Allah :)

    • slm kenal
      buat smua ibu2
      sekarang istri tentara dah banyak jg yg guru ga hanya dr kesehatan aja kok.guru kan lg naik daun…katanya.langkah ,rejeki.PERTEMUAN(JODOH),maut hanya ALLAH yg maha tau.jd klu mmg berjodoh ma tentara knp tidak tp klu jg tdk berjodoh dgn tentara berarti itu yg terbaik ya kan.serahkan semua kpd ALLAH.

      • aq jg istri tentara kog mbak< alumni IAIN _sU, aq jg ngambil jurusan guru tuuuh,,, kn, cmpus kita tetanggaan tuh, sbnarny gak mslah kog nikah seumuran,,,,

  147. Wah saya nyasar ke sini, gara2 nyari info google buat mutasi ikut suami. saya baru nikah 5 bln dg perwira AD, tp qt LDR. jadi sy blom mengalami yg namanya kegiatan Persit. agak takut juga krn sy orgnya suka bablas :D

    • hai mba fit, senasib nih kita, sy baru nikah jg sama perwira AD, LDR jg, tapi pengennya mutasi krj ngikut suami aja, so far.., udah pernah sih ngumpul dan ngobrol sesama ibu persit.., fun2 aja, banyak pengalaman baru :)

  148. wah.. mba crita’a bwt saya deg”an,, mslh’a pcr saya skrg adlh s’org tntra,, uh uh ulala.. apakh akn s’ribet itu nanti?? #tepok jidad

  149. sekarng aku lg brpcrn sama tentara ,, dan dia serius dengan aku
    tapi aku takut kalo nikah dengan tentara , appa aja sih tes nya ..
    kasih tau ya info nya
    makasih

    • Sebenarnya tdk serem, tp harus banyak sabar , pengertian tentang tugas nya dan harus bisa menyesuaikan diri di lingkungan TNI / di ibu persit.

    • jadi istri siapa aja mmg hrs setia bu…setia,jujur dan sabar.
      mudah2an kehidupan kluarga kita smua khusus buat ibu2 persit diseluruh indonesia diberikan rahmat dan hidayah dari ALLAH.smg slalu diberkahi Nya.AMIIIIN

  150. permisi ikut gabung…….
    salam kenal semua….seribet apa sih pengajuan nikah TNI…..soalnya sepulang satgas Maluku Utara ni ada rencana untuk maju……thx

  151. salam kenal.. mau tanya persyaratan untuk menikah dengan perwira TNI apa saja yang harus di penuhi dan di urus? dan apa saja tes-tes yang harus di jalani..
    trimakasih :)

    • prsyaratan nya kan calon suami udah tw sech, ya syarat nya akte lahir, ambil surat perawan dr dokter, pinter nyanyi himne persit, pinter volly, hapal nama2 pangkat di TNi, dr prajurit 2 mpek jendral, bnyk bget lg,,

      • wahh banyak sekali… kalau salah satunya tidak bisa berarti gk jd nikah dong?? hehhe missalnya saja tidak hapal himne persit/gk pinter voly

  152. haii..salam kenal..saya juga istri perwira tni tp masi baru, seneng nih bs ketemu blog ini, jd nambah knowledge tentang dunia tentara :)

  153. Salam kenal ya mbak.
    Sepertinya seru juga ya menjadi istri tentara.
    Apalagi saat ini saya lg suka bgt sama salah seorang anggota kopassus, hehehehe…

    Terima kasih

  154. Assalamualkm, salam kenal insya allah tahun ini klw sy gk sbk, sy n calon suami sy ajuin nikah. Apa2 aja yg d ajukan? Klw dr ke 3 hobi itu hanya tennis + nyanyi trz vol nya gk bs gmn ? Trz sy juga seorang dokter yg sudah dikontrak, apbl sy sbk ma Krjn apa kh bisa?Kebetulan calon sy tugas d Papua batalion 751 dan apalagi sy mw tes pendidikn specials sdgkn sy sdh di ikat kontrak krj?please solusi

  155. salam kenl mbak….kbetulan saya juga ibu persit,asik kok jadi istri prajurit,,,mereka tu tnggung jawabnya besar buat keluarga,diluarnya aj yg serem,tapi hatinya lembuut,spti mas ku,,,masalahnya jarak yg jadi kendala,suami tugas di aceh,sedangkan saya tugas di sumatera jadi jarang ketemu,,,kangeen selalu,,,tapi komitmen kami satu bulan paling lama…yah gantian klu saat libur saya yg keaceh,dan gitu jg sebaliknya,apalagi pernikahan kami sudah dikaruniai seorang putra…jadi papanya kangeeen terus,buat yg mau merit ma prajurit gak ada yg perlu di takuti,bismillah….yg penting niat karena menikah itu ibadah maju teruuusss.lanjutkannn,,

  156. Ikut curhat donk… :( :'(

    Jujur sy skrg sgt parno mmbca crita dr mba2 & ibu2 yg sdh mjdi istri TNI… :( :'(

    Ingin rasanya aku membatalkan semua ini, tp semuanya hrs dilaksanakan,,,
    krn sy sudah dilamar oleh pcr sy dan sbntr lg sy mau mengurus berkas2 yg mjdi syarat sbg istri TNI…
    dan hati sy jg sllu berkta bhwa:
    “mungkin ini adl yg trbaik utk Q, semuanya sudah diatur oleh Allah SWT. Yakin bahwa Allah akan sllu memberikan yg terbaik kpd HambaNya… :)”
    Walau kenyataan Hati Menangis, namun Harus ttp Tersenyum… ^___^

    • jika anda mencintainya janganlah anda takut dengan sesuatu yang belum anda alami,.semoga kehidupan anda akan lebih baik dan anda akan merasakan betapa amannya hidup bersama TNI. jangan takut,.maju terus

  157. Salam kenal mba Dinna :)
    Kebetulan saya lagi menjalani hubungan ni dengan seorang prajurit.
    Tapi kami sering tidak berkomunikasi.
    Bahkan bisa dibilang seminggu sekali dia baru contact saya.
    Alasannya selalu sedang ada tugas :(
    Tp setelah saya baca website mba Dinna, saya sedikit lebih mengerti mba.
    Thanks ya mba Dinna.
    Mohon doanya juga ya mba :)

  158. jangan pernah takut menikah dgn siapa,pekerjaannya apa,dimana tempat tinggalnya,.kuncinya kalo kita sayang dengan dia apapun resikonya ya hidup bersama,.jadi susah,senang,laper,kenyang,kering,basah ataupun apa ya menikmati berdua dengan pasangan hidup kita,.pasti semuanya akan terasa ringn jika kita sudah ikhlas dengan apa yang kita dapat dan Tuhan gariskan. semoga kalian bisa lebih menerima kenyataan daripada mimpi-mimpi,. jangan menyerah dengan keadaan dan situasi karena sesuatu hal bisa dirubah dengan sikap,perilaku ataupun tingkah laku sosial kita terhadap lingkungan dan keadaan.

  159. salam kenal mbak Dina,,,,,,

    sekarang ne saya lagi jalan ma anggota TNI AL baru 2 bulan qita ajaln sudah putus mbak, ada maslah itu hanya karena FB dan sering tidak comment ke dia, kedua saya terlalu curiga dan cemburu ma dia mbak dina, tapi yang sya heranin baru 1 jam sudah mendapatkan cwek baru itupun perasaan saya seperti itu, tapi kalo saya tanyakan dia marah dan jengkel,,,, menurut mbak dinna sekarang apa yang harus sya lakukan, mohon pendapatnya mbak,,,,
    email saya : shetie_bintangkejora@yahoo.co.id
    sebelumnya terima kasih….

  160. apapun rintangan jadi anggota Persit, insya allah dg niat dan keikhlasan meminang dari si prajuritnya, akan terlewati dg mudah.amin

  161. Seru ya komentnya…………… jaya terus to ibu-ibu PERSIT……
    jgn pernah takut jadi istri tentara, karena di dalam ketegasannya ad jg loh lembutnya mereka…..
    lam kenal

  162. Halu semua :-) , saya istri tentara.. Suami dari AU, kita sama sama kerja..alhamdulillah semua baik baik saja.dia adalah laki laki terbaik yg pnah saya kenal. Secara mantan sblmny juga dr Au.. Jd mkn yakin, bnyk enaknya istri tentara.. Serasa punya bodyguard terus :-P
    Yg terberat mmg jika harus pendidikan atau dinas yg mnyebabkan kita berjauhan. Tapi toh suami kerja apa saja pasti ada ditinggalny krn urusan kerjaan kan :-)
    So, yg terpenting bukan tentara nya tapi laki laki berakhlak baiknya ya semua girls.. Salam hangat :-)

  163. punya pacar TNI harus sabar….dan kedepanya harus siap.banyak kesibukan yg mereka lakuakan,,yah cobalah mengerti..dgn pekerjaan mereka.hemmm…aqu rencana mau nikah yah banyak yg mau di urus,tapi aqu tetap semangat…..semoga semaua berjalan dgn lancar n seturut dgn kehendak TUHAN.semangt yah buat semua…cahyo:)

  164. Insya allah tahun ini saya menikah dgn seorang TNI AL.
    Setelah pacaran hampir 3 tahun. akhir” ini mulai disibukkan mencari WO untuk hari spesial kami. Yang bikin deg”an dan yg paling saya tunggu” permohonan di kantor calon suami. perasaan saat ini udah campur aduk. Semoga semua berjalan dng lancar. Dan saya segera bergabung di Ibu Persit..
    Salam Kenal..

  165. asmlkum.slm knal bwt mb dina.
    Hidup persit.sya mlh pngn jd istri tentara.krn sya keturunan militer.dan udh tw bgaimana khdupan militer..
    Mmg klo akn mjdi pasangan tni hrus mpunyai hati yg skuat bja.tangguh akn benturan yg ada.mkny it suatu kbngan bs mjd persit..
    sya bkn terobsi mjd persit.hny sj sya ingn mpunyai swmi yg tegas dn bs mlndungi sy.melalui seorg tntara sbgai iman sya.
    mb,yg sbr y mb.jlni j dgn ikhls ap yg ad..
    keep smile.semangat mb.caiyo

  166. Waduh kok bz yaw pdhl cy bngga bgt kalu seandix punx suami TNI v setlah dgr crtax jdx gk jd dh cy ngepens,lebh baik nikh sm yg bukn anggota militr aj upsss jgn trsinggung..

  167. Mba ingin tanya dongg. Katanya nanti klo u nikah calon istri taruna mesti di tes dulu. Minimal pendidikan d3. Tes kesehatan dll. Pgn tau dongg yg di tes apa aja. Terus syarat2 nya tolong dijelasin. Pacarku akmil tk.2 yaa pgn siap2 dri skrg gitu mba. Mohon infonya yah mba. Thankyou

    • Slm kenal khanisa…
      saat ini sepengetahuan saya memang utk menjadi seorng istri dari perwira hrs minimal dgn pendidikan D3. utk syarat pengajuan sendiri terdiri dari: administrasi pengajuan pernikahan dinas, tes virginitas, tes kesehatan (ambil darah), suntik tetanus, pengisian form di staf personil dan intel plus di wawancara, tes psikotes. trus ijin jg ke senior2 cln suami (biasanya pas sesi ini ada senior yg usil: ya nyuruh nyanyi hymne persit, crt ttg gmn bs kenal sama suami), plus ijin dgn ibu komandan dan ibu wakil komandan langsung dari suami.

  168. mba, gmn yaa caranya untuk meyakinkan seorang tentara, kalau dia benar” calon pasangan hidup saya.. soalnya banyak tmn saya yg pcran m tntara, mreka mnjalin kasih bertahun” yg sudah ada rencana nikah, aunya tentara nya itu sudah berkeluarga..naahh kbtulan skg saya lg mnjalani kasih dg seworang tntara, saya tdk mau trjadi hal yg sprti itu (tajuutt ketipu) wkwkwkw

  169. mba mba semua salam kenal aja ya,,,,kalau aku sihh malah seneng justru keinginan saya dari kecil jadi istri anggota tentara,, semoga si alloh meridhoi aminnnnn…doain ajah y mb

  170. bukan mawar penghias taman tapi melati pagar bangsa, salam PERSIT ^^
    bund sy calon istri dr Perwira AD Kodam V/Brawijaya, apakah ada yg suami/calon nya dinas disana? salam kenal buat semua, ini kita rencana nya msu nikah tahun depan, tp aku masih belum siap mental bund, bunda2 persit disini mohon bimbingannya ya, kalo boleh kita saling tukar informasi yaa, ini nomer saya 083831000808, sukses selalu :)

  171. wah agak sedikit parno juga deh kalo harus menjadi yang kesekian, emang sekarang juga udah ngerasain loh jadi pacar tentara itu banyak godaannya & harus lebih extra sabar.

  172. Mecom slm knal m mbak2 smua…
    Makaci y crita2 ⁿÿ̲̣̣̣̥..
    Sya jga pny pcar TNI… Qmi knal cma 2 re n lngsung jdian.. N 2 bln biz tyu qmi putus,,,˚ɑ̤̥̈̊κ̣̇μ̥ Ɣªήğ mutusin dluan cz dya trllu cuek m sya… 2 blan qmi lost contaxs n bis tyu ˚ɑ̤̥̈̊κ̣̇μ̥ brmimpi m dya lw dya jtuh Θªª‎​Ʀȋ̊ hnda n bis tyu sya tlpn n sya ngomng m dya… N trnyata knyataan mmpi q tyu… Θªª‎​Ʀȋ̊ styu dya nkat plg kmpung ntyuk ktmu sya n qmi CLBK n dh brthan 3 blan lwat… Kel mnginginkan Q nkah cpat2 m dya… Py Q tkut n lom yqin m dya.. Di + ntuk nkah za mnta ampun Ribet n susahny…
    Sya pngen nnya aza,,,gmna syarat2 mw nikah n ap kah bnar dg test kshtan ( virginity) trsbt…
    Mhon jwbanny y mbak…
    ┏̲M̶̲̥̅̊┏̲A̶̲̥̅̊┏̲K̶̲̥̅̊┏̲A̶̲̥̅̊┏̲S̶̲̥̅̊┏̲i̶̲̥̅┏̲H̶̲̥̅̊┓ smua…

  173. wahh… curhat dong.. ini aku juga lagi deket sama seorang TNI AD… ngebayangin juga gimana kaloo jadi ibu persit,., pasti semua serba militeris. kepemimpinan pasti selalu diutamakan.,.,iya sih emang harus LDRan dari mulai pacaran gini…tapi positifnya jadi pacarnya TNI itu bisa punya jarak saat pacaran, sehingga gak akan macem macem deh…hehehe… asal kesetiaan dan kepercayaan selalu dinomorsatukan… hmm… kalo dipikir-pikir, jadi istri seorang TNI itu bakalan membuat hidup lebih amazing…gitu… hidup bakal lebih teratur, terarah, dan bermakna….. MENJADI ORANG PENTING ITU BAIK, TAPI PALING PENTING JADI ORANG BAIK :)

  174. Saya juga calon saya seorang TNI AU skrang msih dines di Jakarta sedang saya tinggal di Lombok,bagi saya menjadi istri siapapun tak jadi masalah asal kita sebagai istri mengerti tanggung jawab suami,intinya ☺ ​♥§ά♏ά♡·♥§ά♏ά♥ saling mendo’akan kita titip suami kita sama Alloh,dan Alloh pasti menjagaNya,bala’ Ɣªήğ tak baik itu Ъϊśå ditolak dengan do’a ,smoga kita smua dimudahkan dan dijadikan istri Ɣªήğ benar2 sholeh mempunyai keluarga Ɣªήğ benar2 SAMAWA ‎​​آمِيّنْ… آمِيّنْ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

  175. mbk2 yg baik, minta solusinya dong..mantanku yg seorang anggota AL dan udh nikah deketin aq lg..ktanya msih sayang n kangen bgt sama aq.. niatku awalnya gk mw respon dy, tp lama2 kebawa hati juga karna dy bkin aq jd sayang lg ke dia,, trus aq mesti gmana..aq gk mw nyakitin istrinya dy..

  176. Klo udah jadi Istrinya Tentara
    harus Pinter” Menabung Ney….hehe
    udah siap hidup apa adanya
    yg Penting tetep Bahagia ama Suami

  177. yg susah” emg lg saya cri,tpi buat sya utk menunggu dia plang dinas rasa’y tdak mungkin. . . . .mending mundur aja lah,cukup ortu dan kakek aja yg tentara,jgan smpai suamiku tentara juga,karna yg ad kehancuran. . . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s