Sarjana-sarjanaku

Menyadari bahwa semakin dewasa hidup akan terasa semakin berat. Apa semua orang merasa kan itu. Mungkin hanya sebagian saja. Ada yang make it easier, tapi ada juga yang make it harder.

Melihat pengalaman yang terjadi, aku ingin berbagi dengan teman-teman ku. Sahabat-sahabatku.

Haru, senang, sedih, 22 Oktober kemaren aku menghadiri wisuda teman-teman seangkatanku. Sayang (entah beruntung atau tidak) aku sudah diwisuda beberapa bulan sebelum mereka. Mungkin sensasi yang kurasakan akan berbeda kalau kami semua wisuda bersamaan. Bersama sahabat-sahabatku. 4 tahun perjuangan yang kami lalui bersama-sama, tentu rasanya gak adil, kalo semuanya selesai begitu saja setelah wisuda.

Tapi itulah kenyataannya. Mau tidak mau, masing-masing kita akan punya jalan yang berbeda.

Medina, sahabatku sejak masih tinggal di Asrama TPB (Tingkat Persiapan Bersama), yang menjadi pembahas seminar skripsiku, memutuskan untuk menikah segera setelah wisuda Bulan Juni. Dan benar saja, kemaren aku bertemu dengannya, Subhanallah, dia sudah hamil 4 minggu. Aku terharu, tersentuh, bahagia, dan sejuta perasaan lain yang tidak bisa kujelaskan dengan kata-kata. Kupegang perutnya sudah mulai terasa keras. Wuih, sungguh saat itu aku tidak mampu berkata-kata. Mudah-mudahan akan menjadi anak sehat yang sholeh atau sholehah. Amin.

Yudhi, Duta, Mega, mereka beruntung punya kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2.

Beberapa temanku yang lain sudah menemukan kantor yang dipilihnya, dan kebanyakan adalah BANK, walaupun jujur saja, aku berharap diantara mereka masih ada yang idealis untuk memajukan Pertanian Indonesia. 4 Tahun kita belajar tentang itu, dan untuk itu kan? Terutama Nunu, yang sekarang sedang meniti karirnya untuk menjadi seorang manajer di Bank Central Asia. Padahal aku melihat dia punya potensi luar biasa, terutama kalau dia mau tetap idealis dengan ilmu pertanian. Dia cerdas. Tapi, dia pasti tau rencana lain yang lebih baik. Baik untuk dirinya, keluarganya, Indonesia, bahkan mungkin dunia. Aku yakin dia punya cita-cita besar.

Rani, sekarang sudah berada di Hongkong, untuk menjadi pramugari. Aku sempat bertemu dengannya di YM, dia bilang, dia gak nyaman karena harus dandan habis-habisan dan kesusahan memakai highheels. Hehe. Tapi, aku yakin dia pasti bisa karena semua wanita pasti bisa se MACHO apa pun dirinya.

Lia, Trio Kendal yang lulus dengan predikat Cum Laude mengubah mimpinya untuk mengadu nasib di Jakarta, karena dia ingin segera menikah dengan Angga, jadi dia akan tinggal di Kendal atau Semarang, kota asalnya. Kalau gitu ditunggu undangannya ya li.

Ali, lagi persiapan untuk S2 ke turki, katanya.

Pretty, Krishna, teman-teman seperjuanganku, yang sekarang jadi teman sekantor juga di sebuah Bank besar di Indonesia.

Mita, lulusan terbaik Manajemen Agribisnis sekarang bekerja di sebuah perusahaan yang memproduksi produk kecantikan.

Sukses ya, teman-teman. Keep in touch. Dan ditunggu terus ceritanya. Nama lain, akan segera aku update.

Posted in Oh

4 thoughts on “Sarjana-sarjanaku

  1. nama gw gag disebut???

    sebagai mantan agent dan penonton setia acara lw din….

    tegaaaa…..

    huks2….

    Haha, nanti gw bikin postingan khusus lo. Miss u. Muaaahhhh.

  2. din..terharu deh baca tulisan2 lu.terutama yg ini..

    i do really apreciate for this lhoo…

    jadi tertarik buat lanjutin blog gw yg udah lama bgt gw lupakan..

    satu note penting yg gw ambil dari blog lu din..ga perlu hal BESAR untuk ditulis..hal2 kecil pun bisa jadi alat buat melespas stress dan berbagi cerita yaa..

    keep in touch ya dinna sayang..=)

    makasi ya ran. Ayo lanjutin blog nya. Tar gw mampir deh. Iya, ran, blog gw, banyak hal-hal ga penting. hehe.. tapi yah, enjoy, ajah. Lumayan buat ngisi waktu. Syukur kalo bisa bermanfaat buat orang lain juga.

    kangen. kangen. kangen.

  3. semoga kita tetep keep in touch yah nyong,,
    really miss u,,
    waktu kita tidur ber2 di tempat tidur asrama yang reot itu,,mana lantai 2 lagi,,
    huhu,,
    kgn masa2 itu yah,,

  4. din,,meskipun udah lama banget baca,,ak baru sempet meninggalkan comment d sini,,hehe
    bagus banget..
    tapi kok ga ada nama aku ya,,hiks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s