Cari muka

Cari muka sebenarnya udah naluri sejak lahir. Tapi apa sebenarnya cari muka itu perlu, segitu pentingnya kah. Cari muka bagi saya adalah istilah lain dari cari perhatian. Tapi apakah cari muka itu penting? Mungkin jawabannya ‘tergantung’.

Saya melihat sebuah tipikal cari muka yang menyiksa. Seperti yang dialami teman saya. Dia merasa malas harus cari muka di depan atasannya. Karenanya dia jarang mendapat perlakuan khusus. Cari muka sebenarnya tak akan begitu menyiksa apabila kita sudah mahir dan enjoy melakukannya. Kemampuan dan cara nya pun tentu berbeda bagi tiap orang.

Kita tentu tidak mau, dianggap suka cari muka atau kasarnya ‘penjilat’. Tapi jangan salah, banyak di antara kita yang tidak peduli dengan anggapan itu. Yang terpenting hanyalah untuk kesenangannya sendiri. Kalau sudah mendapat perhatian atasan, anggapan orang tentang dirinya bukanlah hal penting. Gak bakal makan ‘omongan orang’ juga, kan.

Ada orang yang begitu ahli untuk cari muka, sehingga apa yang dilakukannya tidak perlu menimbulkan isu miring tentang dirinya. Tapi ada juga, dengan sikap cari muka nya itu, banyak orang yang merasa risih, mencibir, bahkan sakit hati.

Cari muka sebenarnya tidak harus bermakna negatif. Ada orang yang tanpa tidak sengaja sudah mendapat perhatian khusus dari orang lain tanpa harus cari muka. Misalnya dengan sikap nya yang santun, bersahaja, menghargai, dan prestasi baik, itu sudah menarik. Tidak ada yang tersakiti, tidak ada yang harus mencibir, atau terpaksa ngomongin di belakang.

Tapi, cari muka bisa jadi bukan hanya kesalahan si pelaku. Pandangan itu bisa jadi timbul karena pikiran negatif orang-orang sekitar.

Ya, wallahualam. Semua tergantung.

Mungkin ada yang idealis dengan sikap ‘males’ seperti teman saya itu. Ada juga yang dengan tidak peduli harus menyakiti siapa dengan sikap cari muka nya itu. Ada yang dengan sempurna bersikap cari muka tanpa harus ada yang tersakiti.

Mudah-mudahan kita bisa saling mengingatkan ya.

One thought on “Cari muka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s