Gunongan – Banda Aceh

Saya bertanya-tanya apa itu gunongan? Gunung? Genangan? Gulungan? Kok namanya gunongan ya?

Tiga Wanita di Gunongan, bersama Mas Irfan

3 wanita bersama Mas Irfan, Gunongan, Banda Aceh

Kunjunganku disambut hangat oleh Pak Irfan. Bang Irfan. Atau Mas Irfan ya? Apa sekalian Om😉 Sampai sekarang, aku tidak lupa, perkenalan aku dengan arkeolog yang menemani kunjungan aku, Dila, dan Silvi saat itu. Ia menolak dipanggil ‘pak’, karena mengaku masih muda. Apalagi mengingat percakapan kami akan muncul di TV. Lucunya, ia menawarkan diri untuk dipanggil ‘bang’ saja. Tapi sayang, panggilan ‘bang’ gak diperbolehkan, jadi kami tetap harus memanggil dengan sebutan ‘pak’😉

Gunongan yang dibangun pada Abad ke-17 ini, ternyata merupakan simbol kekuatan cinta Sultan Iskandar Muda kepada permaisuri nya yang cantik bernama Putri Phang yang berasal dari Negri Pahang, Malaysia. Alkisah, Putri Phang merasa kesepian karena Sultan sibuk mengurusi pemerintahan. Ia sering teringat akan kampungnya di Pahang. Karena memahami kegundahan istrinya, maka ia membuatkan sebuah gunongan, seperti gunung kecil *oooo, maksudnya Gunongan itu toh. Gunung kecil itu seperti miniatur perbukitan yang mengelilingi istana Putri Phang di Pahang. Putri Phang menjadi sangat senang. Waktunya sering ia habiskan di sana, bermain-main bersama dayang-dayangnya, sambil memanjatinya. Wah, bisa kubayangkan betapa romantis nya Sultan Iskandar Muda. *jadi mupeng. Pastinya, Putri Phang serasa terbang ke langit tujuh:mrgreen:

Bangunan ini terlihat berwarna putih, jika langit cerah, akan menambah cerah maksudnya silau suasana di sana. Ukurannya tidak terlalu besar, berbentuk segi enam, seperti bunga, dan bertingkat tiga dengan tingkat utamanya sebuah mahkota tiang yang berdiri tegak.

Dari atas, kita bisa menikmati pemandangan di sekitar Istana. Lokasi Gunongan ini terletak di Jalan Teuku Umar berhadapan dengan Pemakaman Belanda (Kerkoff).

Kalau ke sini, wajib banget tau cerita sejarah nya yang menarik dan yang paling penting foto-foto nya :) Atur shutterspeed nya, biar ga backlight. Then, click!  

Silvi

Kiri: Dila, Kanan: Dinna, Atas: Silvi

 *wardrobe by Qirani

One thought on “Gunongan – Banda Aceh

  1. Wah trenyuh juga mendengar sepenggal kisahnya. Jadi pelajaran pengingat buat para suami memberikan hadiah terbaik tuk isteri. Teh.. khan istriku dari lamongan, miniatur apa yang cocok ya…he3. Selamat berpetualang dan mengabarkan keindahan2 nusantara…

    Iya, beruntung banget punya suami kaya beliau, ya. Miniatur Laut Utara aja gmn? he2..🙂 susah ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s