Heningnya bening di Boki Moruru

menyusuri sungaiBisa dibilang, this is very longway to WEDA. Kami sudah berangkat pukul 6 WIT (berarti jam 4 WIB) dari sebuah kabupaten bernama Sidangoli, sebuah Kabupaten yang berada di Halmahera Tengah. Jalan menuju desa WEDA ini masih sangat rusak. Hanya mobilyang tangguh yang sanggup melalui perjalanan panjang ini. Sesekali mobil kami berpapasan dengan transportasi umum di Halmahera Tengah ini. Dan sangat berbeda dengan transportasi umum yang ada di Jakarta, kendaraan-kendaraannya berupa mobil-mobil ‘keren’ kaya land cruiser atau ford ranger. Tarifnya pun pastinya beda. Kalo dengan 2000 rupiah kita udah bisa nyampe Blok M-Joglo, di Halmahera Tengah ini, gak bakal nemu angkutan degan tarif semurah itu. Paling murah seratus ribu rupiah! Tapi ya itu smua sebanding dengan trayek dan medan yang dilewatin. Sulit banget menemukan jalanan mulus di sana. Jalanannya yang ancur bikin seisi mobil berguncang, dan pastinya jadi ga bisa tidur (kebiasaan ku tidur di perjalanan kalo nemu jalan yang mulus dikit).

Sepanjang perjalanan, aku melewati beberapa desa dengan kehidupan sederhana. Sepi sekali penduduknya. Hanya sesekali terlihat ibu-ibu (bapak-bapak juga) tua berjalan kaki.

Selama kurang lebih 7 jam perjalanan, akhirnya aku sampai di desa Weda. Lengang. Seperti desa-desa di pelosok Indonesia pada umumnya. Udara Weda terik bikin aku malas untuk keluar dari mobil.

Rangkaian syuting tetap harus berlangsung. Kalo kata seorang teman ‘come on. move your a*s!’

Syukurlah pemerintah kabupaten Halmahera Tengah menyambut kami dengan sumringah. Aku mulai smangat lagi, penasaran dengan cerita bapak-bapak dari pariswisata Halmahera Tengah.

Boki Moruru, atau biasa disebut Goa Batu Lobang. Sekitar 5 km dari Desa Weda, kabupaten Halmera Tengah.

Karena sudah sore, kami tidak bisa langsung ke sana. Ke Goa yang katanya indah banget itu.

Kami menginap semalam di Desa Weda.

Setelah sholat subuh, kami langsung berangkat ke Pelabuhan. Menuju Goa Boki Moruru, terlebih dahulu harus menyebrang ke desa Sagea dengan menggunakan speed boat selama kurang lebih 30 menit. Lalu untuk menuju mulut goa perjalanan dilanjutkan dengan menaiki perahu kayu kecil yang disebut ketinting.

Menyusuri sungai dan goa, kita harus ditemani penduduk setempat. Karena tempat ini memang masih asli dan alami.

Ketinting. Waduh, keseimbanganku diuji di sini. Seringkali ketinting harus oleng ke kanan dan ke kiri. Tapi keresahan ku di atas ketinting menjadi tak terasa, karena sepanjang susuran aliran sungai, aku disuguhi keindahan alam. Kanan kiri kita bisa menikmati pemandangan hijau nya sawah dan berbagai pepohonan yang tumbuh alami. Suara jangkrik pun, mengisi kesunyian sepanjang perjalanan. Menengadahkan kepala,  disajikan hamparan biru nya langit, sesekali rupa burung-burung yang cantik melintas.

Karena arus yang deras dan sungai yang dangkal, sesekali aku dan yang lain harus turun dari ketinting dan berjalan menyusur bantaran sungai (atau daratan di tengah sungai).

5 menit lagi akan sampai di mulut Goa Boki Moruru. Kami berisitirahat sejenak. Terdapat tempat peristirahatan berupa bentangan kerikil-kerikil khas pinggir kali. Di sana kami makan dan minum. Sebungkus nasi, indomie goreng, dan telor mata sapi balado, mmhh, enyakkkk bgt. Kusantap dengan lahap. hap. hap.

Udah kenyang. Kami melanjutkan perjalanan.

5 menit menuju Goa Boki Moruru

5 menit menuju Goa Boki Moruru

Memasuki mulut Goa. Bulu kuduk merinding, darah seolah berdesir ke jantung. Hening. Mata mulai berkaca. Haru menyelimuti kalbu ku.

Subhanallah, keindahannya tak bisa kuungkapkan lewat kata-kata. Kanan kiri aku dipagari gagahnya tebing-tebing tinggi. Melihat ke aliran air nya, bening. Tampak seperti disinari lampu dari dasar nya. Stalaktit nya unik dan berkilauan..Memasuki Mulut Goa Boki Moruru

Teman-teman harus merasakan sendiri keindahannya. Ini fully reccomended, untuk wisata, berpetualang dan refreshing. Masih sangat alami dan maha indah. Goa paling keren sepanjang perjalanan ku.

Someday, aku pengen ke sana lagi. Menelusur lebih jauh ke dalam Goa. Mengajak orang-orang tercinta (anak dan suami, amin) berpetualang ikut merasakan keindahan, kemisteriusan, dan alamnya yang menantang.

6 thoughts on “Heningnya bening di Boki Moruru

  1. Loh sekarang ga bertiga lagi din?

    Syukurlah pemerintah kabupaten Halmahera Tengah menyambut kami dengan sumringah.

    Kenapa tuh ampe sumringah? hehehe..

    masih bertiga kok bram, tp ada beberapa lokasi yang di split, jadi sendiri2, tayangannya tetap bertiga, kok. bisa gantian per segmen🙂
    yah sumringah lah bram, udah ga jaman jutek😀

  2. Wew, warna airnya (foto paling bawah), rasanya pengen nyebur. Kapan ya bisa menginjak tanah Maluku.

    bener banget. bahkan, aku, pengen ke sana lagiiiiiiii🙂

  3. Mbak Dina…………….,,, lain kali kalo mw ke Desa Weda…,, ijin sama tuan rumahnya dulu yah….!!!
    biar kita juga bisa ngikut…..,, he he he he..,
    aku Fuad, skrang lagi Kuliah di UI Depok. Mbak tw nggak..?? waktu aku nonton Prjlann mbak, kan naik speed boat di dermaga Weda, nah di depan dermaga kan ada pulau, namanya pulau Imam. disitu ada kebun aku mbak…..,,,
    ha………….,,,,~~~~~~ pas ngeliat mbak lagi syuting, aku langsung kangen ma kampung….,,,
    Huhh…….!!!
    Tapi asyik khan p’jlanan disna…???

  4. thanks atas kunjungannya ke Goa Boki Moru

    Pas datang gk dikabarin duluan makanya yang didapat sumringan doang.
    Kalo balik lagi bilang-bilang biar dapat sumringan + cemilan kecil hehehe bcanda

    skali lagi thanks ya
    Salam buat kawan-kawan dari Boki yang menghanyutkan diri, si Boki bilang ditungguin kedatannya untuk berkunjung ke rumahnya di Gua

    Brani gk??

    ok thanks

    zhaen (berdiri diatas ketinting dibelakang pak sopir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s