Hukum Bernurani

Sore-sore di jam kantor, seorang sahabat bertanya pada ku. “Gimana din, beberapa bulan bergelut di dunia hukum, tertarik untuk mendalaminya? Dengan kuliah hukum, misalnya.” Aku hanya menjawab dengan diam dan tersenyum. Artinya? Mungkin bisa dibilang tidak tahu. Aku memang tidak tahu apakah aku harus tertarik dengan hukum atau tidak. Undang-Undang (apa pun jenisnya) yang disusun dan diperdebatkan sedemikian hebohnya hanya mampu membuatku mengerutkan dahi. Tak benar-benar kupahami.

Tidak mengingkari, bergelut selama hampir setahun di dunia hukum, membuatku semakin sadar pentingnya peka soal hukum. Kehidupan berwarga negara pun semakin terarah dan teratur. Gak semena-mena. Menarik sebenarnya. Mengetahui ternyata ada aturan ini aturan itu. Tapi jauh lebih menarik memahami mengapa aturan ini atau itu dibuat.

Suatu hari, dalam percakapan serius yang diselimuti emosi, seseorang mengatakan kepada ku kalimat “Toh tidak melanggar hukum.” Wow, kalimat itu menyakitiku begitu hebat. Secara hukum, tidak melanggar.  Tapi apakah kemudian kehidupan menjadi semakin kejam dengan melupakan perasaan? Adakah hukum yang lebih bernurani? Okelah kalau hukum begitu tegas dan sudah sesempurna mungkin dibuat dengan mengedepankan kepentingan masyarakat.

Baiklah, aku tidak meminta hukum dibuat dengan perasaan. Bisa menye-menye nantinya. Bagaimana kalo kita pisahkan saja antara hukum dan perasaan? Jalani sesuai hukum, juga dengan perasaan. Adil? Ayo. Ayo. Ayo. Lembutkanlah hati. Get real. I’m begging on bended knee, with tears. Can’t hold on more.

*untuk mereka yang sedang mabuk. Come on.

Posted in Oh

One thought on “Hukum Bernurani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s