Terkenal

Siapa yang terkenal? Waduh, terlalu banyak orang terkenal di muka bumi ini. Ntah itu mereka yang sudah menjadi sejarah atau masih menggaung dengan nama baik (atau buruk) yang diembannya.

Siapa yang tidak kenal SBY, presiden kita kini yang tengah menjalani jabatan presidennya di periode yang ke dua. SBY sudah dipastikan adalah orang yang terkenal. Dan itu bagi kita. Warga Negara Indonesia. Bagi bule bule sana? Apa mereka kenal atau ngeh?

Masih ingat Sri Mulyani? Dulunya menteri keuangan RI, sekarang menjabat sebagai presiden direktur World Bank. Terkenalnya luar biasa di Indonesia. Jadi inget, cerita seorang teman. Kalau di Indonesia beliau dikawal kemana mana, di negara orang ia layaknya orang biasa. Menyebrang jalan bahkan window shopping di mall tanpa menjadi pusat perhatian orang-orang disekelilingnya. Orang terkenal pun menjadi tak berlaku.

Percayakah, bahwa hari gini masi ada yang tidak kenal Nazaruddin. Politisi Indonesia dengan beberapa kasus korupsi yang menjeratnya kini. Nama Nazaruddin mungkin memang sangat sering kita dengar, tapi bukan tidak ada di antara kita, yang tidak tahu dia siapa, bagaimana rupanya atau ada kasus apa dengannya.

Lalu memangnya ada yang salah dengan tidak kenal orang-orang terkenal itu?

Satu hari, aku berdampingan jalan dengan seorang presenter sebuah stasiun TV swasta. Terlibat sedikit chit chat, aku berniat berkenalan. Selain sebenarnya aku tidak tahu siapa namanya, tapi maksud hati biar presenter itu bisa kenal juga namaku, kayanya asik juga punya kenalan orang yang keliatannya terkenal (setidaknya dari gayanya) *mulai norak*, jadilah kubulatkan niat ‘mba, kenalan duluu, aku Dinna’ dengan sedikit kaget dia membalas ucapan ku. ‘lah masa ga kenal?? Coba tanya tanya lah sama yang lain’

Hening sejenak.

Kalau aku berada tepat di hadapan orang itu, kenapa harus tanya orang lain. Lagi pula maksud hati ingin berkenalan kok, yang artinya saling kenal. Bukan cuma aku yang kenal dia, gitu,

Mungkin memang ada yang salah dengan tidak mengenal presenter TV dengan paras cantik itu. Kok bisa bisa nya aku tidak kenal dia.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak tahu siapa SBY, Sri Mulyani, atau Nazaruddin?

Lalu, apakah ada yang salah dengan tidak mengenal mereka? Bagaimana dengan bule-bule yang tidak kenal siapa SBY? Atau bangsa Jepang yang tidak ngeh keberadaan Sri Mulyani. Dan bagaimana mereka yang menanyakan pada ku siapa itu Nazaruddin?

Bagi ku tidak ada yang salah. Mereka hanya tidak concern, atau bukan bagian penting bagi mereka untuk mengenal nama nama itu. Lagi pula toh tak ada urusan.

Siapa pun lantas menjadi punya hak untuk tidak kenal siapa pun yang dianggap orang lain terkenal. Apakah itu artinya dia kurang bergaul? Atau menyimpulkan pengetahuannya yang payah? Rasa rasanya kita yang terlalu sempit jika menyimpulkan pikiran seperti itu.

Jika kita tak punya rasa ingin tahu? Apa mungkin kita akan tahu? Jawabannya adalah mungkin. Dan semua itu butuh waktu.

Pengalaman ku lalu mengatakan, hingga sekarang aku jadi ngeh siapa presenter TV itu. Padahal mungkin, tanya sana sini, juga ternyata dia tak seterkenal itu. Tapi toh, setidaknya sekarang aku tau namanya meski dia bukan presenter ternama seperti yang aku kira. Ah, aturan terkenal itu menjadi sangat relatif terhadap a, b, atau c.

Well. Sekian dulu omongan soal orang terkenal. Aku hanya ingin komentar, bahwa sebagai wartawan bocah. Aku masi perlu waktu untuk tau siapa orang orang terkenal itu, atau orang orang tidak terkenal, bahkan. Apa sajalah. Bukan karena aku tertarik, tapi karena waktu yang membuat ku tau🙂

2 thoughts on “Terkenal

  1. Ingat ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Keangkuhan dan kesombongan itu bukan pakaian nan cocok buat Dinna ku sayang. Rendah hati, hargai sesama, kerja ulet dan “smart” dengan sendirinya akan membuat kita terkenal. Semangat, maju terus dengan ridhoNya sayang

Leave a Reply

