Tertarik, Batik Cantik

20110929-125929.jpg

Rupa-rupa nya, saya tergolong orang yang mudah jatuh cinta ya. Hari ini saya mulai jatuh cinta pada batik. Kalau biasa nya saya menganggap batik adalah seragam SMA yang dipakai setiap hari Jumat atau seragam Pegawai Negeri, pandangan itu seketika berubah. Mungkin hal yang sama juga akan Anda rasakan jika berkunjung ke World Batik Summit 2011 yang diselenggarakan selama 5 hari hingga tanggal 2 Oktober 2011, bertepatan dengan hari Batik Sedunia.

Mungkin ini yang mereka sebut, warisan budaya nusantara untuk dunia. Tak terpungkiri lah bahwa kain batik memang pantas menjadi kebanggaan negeri.

Tidak melulu bernuansa tradisional, batik justru bergeser dengan gayanya yang tidak hanya modern, tetapi benar-benar keren.

20110929-011125.jpg

Ah. Tak henti berdecak kagum dengan beragam karya corak batik yang dipamerkan. Segalanya bisa dibatikkan. Dari mulai furniture rumah, mobil dan sepeda motor, sampai aksesoris seperti gelang, kalung, dan cincin. Pengen, pengen punya semua. Hehe.

20110929-010522.jpg

Selayaknya wanita, aku naksir berat pada koleksi tas dengan corak batik alami berwarna lembut. Bahan untuk melukisnya seratus persen alami. Terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Dipadukan dengan kulit binatang asli. Gimana ga makin naksir??

20110929-010856.jpg

Dan naksir tinggal naksir, benar juga filosofi kita tentang belanja. Ada barang, ada uang. Layaknya pria lajang patah arang. Saya harus urungkan niatan untuk naksir pada koleksi batik cantik itu. Tak tegalah saya melirik pundi pundi di dompet, yang berteriak minta dipertahankan hingga gajian selanjutnya tiba. Fyi, gajian baru saja turun 4 hari lalu. Artinya? Jawab sendiri. ;(

Harga yang dipatok juga cukup (atau sangat?) tinggi. Kain batik berkisar antara IDR 600.000 hingga IDR 20.000.000. Tas – tas nya sudah berekor kata jutaan. Aih. Itu juga berdasarkan tanya tanya dan hasil pandangan mata loh. Entah ada yang terlewat.

Pantas lah harganya mahal. Mungkin bentuk penghargaan terhadap karya seni para pengrajin batik ini. Apalagi batiknya batik tulis. Berbeda pengrajin, berbeda pula karyanya. Mereka punya gaya masing-masing dengan keunikan tersendiri.

Well, hari jatuh cinta pada batik ini pun ditutup dengan kemenangan kebanggaan ku Muhammad Cipta Suhada sebagai Putra Batik Nusantara 2011.

20110929-011436.jpg

20110929-011654.jpgRasa haru dan seru menyemarakkan malam penobatan yang diselenggarakan pada 28 September 2011 ini, di Balai Kartini. Tak sia sialah, saya mengarungi macetnya Jalan Sudirman menuju Gatot Subroto. Meski tak membawa groupies seperti finalis lainnya, Hada atau kita biasa memanggilnya dengan Denya tampil luar biasa.

Tak jadi punya tas batik baru pun terobati dengan euphoria kemenangan Denya. *norak dikit lah ya* dan cukuplah aku menuangkannya pada tulisan ini.

Tanpa mengurangi rasa syukur. Tak punya tas batik cantik dengan harga selangit, cukuplah kini saya punya postingan tentang batik. Dan Putra Batik, si lelek.

Happy Batik, Guys!

2 thoughts on “Tertarik, Batik Cantik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s