Balasan

Saya jadi ingat, waktu kecil dulu. Kadang, sempet iri juga sii, kalau liat teman-teman sebaya jadi juara kelas, trus dapat hadiah. Ada yang dapat sepeda baru, komik, atau diajak liburan. Saya? Hampir tidak pernah. Dulu, mau juara kelas kek, enggak kek, kayanya sama-sama aja. Kadang, orang tua teman saya nanya, ‘Dapat hadiah apa dari papa?’ Saya mau bilang apa? Gak ada.

Ya, ga seburuk itu juga. Bukannya saya gak pernah dikasih hadiah atau diajak jalan-jalan sama orangtua. Tapi, yang jelas itu bukan sebagai hadiah saya juara kelas. Kalau dipikir-pikir sekarang? Mungkin ada baik nya juga. Semacam pelajaran yang gak dimengerti oleh anak-anak seumuran saya kala itu.

Tapi, kebiasaan seperti itu bikin saya ngerti sekarang. Bahwa, usaha untuk sebuah prestasi bukan didapat demi sebuah pamrih atau balasan. Hingga sekarang, saya gak pernah merasa harus melakukan sesuatu, demi sebuah hadiah. Hampir tidak pernah saya termotivasi dengan iming-iming semacam itu. Ada baiknya ada enggaknya sii. Tapi, bagusan kita belajar dari yang baiknya aja. Melakukan sesuatu, lebih karena adanya tanggung jawab. Segitu aja.

Ya, motivasi, sebenarnya perlu banget yaa. Misalnya motivasi pengen lulus kuliah atau bagus di kerjaan, biar dapet ini atau itu. Tapi, heran. Saya kok gak bisa kaya gitu. Melakukan sesuatu atas dasar itu bikin saya pusing-pusing kepala. Mmmh, terkesan saya bukan orang yang ambisius banget gak sii. Saya memilih untuk menikmati saja. Menikmati masa-masa (gak) indah kaya gini.

Agak naif, kalau menganggap semua akan indah pada waktunya. Tapi kapan? Begimana ya. Begimana ini. Saya galau segalau-galaunya. Ya, persis! Thesis!

3 thoughts on “Balasan

  1. setidaknya sudah menulis ini bisa menjadi motivasi, toh tetap berusaha karena setiap balasan akan datang di waktu-waktu yg tidak pernah kita duga, mungkin hari ini, esok atau ditangguhkan nanti🙂

    salam

  2. ..ini jg perjalanan hidup….. ‘tuk hidupmu yg panjang….Amiin.
    orang Medan kata ‘bah…Suppose your thesis as the climb gates, and on the top is pleasure’ fight and pray it.

Leave a Reply

