Opini Kedua

Second Opinion.

Begitu biasanya kita mencari masukan setelah ‘galau’ dengan masukan yang pertama. Hampir semua kita melakukannya. Apalagi, untuk beberapa keputusan penting, sering kali kita membutuhkan opini atau masukan. Ntah sebenarnya (dalam hati kita) sudah punya keputusan sendiri. Bahkan ada yang sudah sangat yakin. Atau justru ga punya keputusan apa-apa. Blank!

Opini, bisa dijadikan masukan tersendiri. Kekawatiran akan rasa percaya diri yang terlalu besar, membuat kita butuh opini atau ada yang menyebutnya pendapat. Jika tidak timbul sedikitpun keraguan, biasanya kita cukup dengan apa yang kita yakini. Opini dari mana pun, dari siapa pun rasa-rasanya tidak perlu. Boro-boro opini kedua. Pokoknya, yakin aja.

Hidup dalam keberagaman seperti ini, (meski sebenarnya untuk beberapa hal saya adalah orang yang keukeuh) saya selalu butuh opini. Entah butuh, entah opini itu tanpa sengaja datang begitu saja pada saya. Beruntung, kadang opini itu datang tanpa diminta.

Opini pertama tentu tidak selamanya salah. Benar atau salah sebuah opini, tergantung bagaimana kita meyakininya. Namanya saja, opini.

Nah, kalau gak yakin akhirnya kita cari opini kedua. Ini berlaku dalam setiap ke-galau-an yang kita hadapi. Entah itu masalah kerjaan, jodoh, atau bahkan pilihan sepatu yang akan kita beli.

Tapi, ya sekali lagi. Dapat berapa pun jumlahnya opini, bisa aja kita gak akan yakin dengan keputusan kita. Nah, opini itu balik lagi ke diri kita masing-masing.

Lah, bingung kan? Ya intinya, si, hati-hati dengan opini. Jakarta keras, bro! Jangan polos-polos amatan sih. Ketika kita sudah pada satu keputusan, di luar dari benar atau salahnya, ya udah jalanin, hadapin, selesain. Kebanyakan dengerin opini atau kebanyakan beropini? Ah, yang pas-pas aja gitu porsinya.

*ngomong apa*

Posted in Oh

One thought on “Opini Kedua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s