Gara-gara #bajakJKT2014

Gara-gara baca kehebohan #bajakJKT2014 di sosial media yang dihelat beberapa hari lalu, tetiba saya jadi pingin nge blog lagi. Ternyata tampilan #wordpress udah baru ya, bikin grogi aja mau ngetik. Hehe. Sempet nyoba menuangkan celotehan ke blog yang baru, eh ternyata baliknya ke sini lagi. Abis lupa password blog baru sii. Lagian blog nya sepi banget, kaya parkiran di mall yang udah tutup. Hiy!

Luar biasa ternyata, kekecewaan temen-temen yang ikutan event lari yang dielu-elukan tersebut. Ya, wajar aja, meski saya bukan salah satu korban kemacetan yang timbul dari event yang diadakan di Sabtu sore itu, baca postingan di berbagai social media dari mulai twitter, path, sampai blog bikin saya bisa ikut merasakan sekaligus berempati terhadap pengguna jalan baik yang berkendara maupun yang berlari. Hehe.

Sabtu sore, gitu. Jakarta macetnya udah ga kira-kira. Bahkan hampir selalu lebih macet dari hari biasa, yang apalagi macetnya suka ga bisa diprediksi. Dan macetnya dimana-mana salah satunya yang mengarah pusat perbelanjaan dari mulai yang hits sampai yang biasa aja. Makanya itu, emang males banget keluar rumah kalo malam minggu, ya paling yang deket deket aja, itu juga kalo ga terpaksa-paksa amet. Mager di rumah itu luar biasa enak, ya, kan. Sayangnya, emang banyak banget kegiatan luar rumah yang perlu dilakukan di akhir pekan karena ga bisa dilakukan di hari kerja. Apa pun itu lah, seperti ke kondangan atau belanja rumah tangga yang harus dilakukan bareng suami karena gak bisa diputuskan sendiri.

Jujurnya, saya tentu saja tidak pernah menobatkan diri sebagai pelari. Walaupun dulu, pernah ngerasain yang namanya ketagihan lari. Sampai kalo ada kegiatan yang menghalangi schedule lari, bisa-bisa badmood. Ini true story loh. Saya yakin, banyak yang merasakan hal serupa seperti saya, bahkan lebih parah. Hehe. Emang efek ‘terbiasa lari’ itu luar biasa si, dari mulai badan jadi seger dan ada kepuasan tersendiri yang susah dijelaskan dalam satu dua kalimat.😉

Tahun 2012, saya inget tahun di mana saya mulai ketagihan lari. Waktu itu belum punya nike run. Dan mendadak semangat nabung beli iPhone5 biar bisa download nike run. Aslik, nike run sampe sekarang masih jadi aplikasi favorit, salah satu socmed lari yang bikin kita ter-challenge. Sampe-sampe bisa lari sendiri di kamar kalo udah ga sempet lari. Untung ga ada yang liat, kalo dipikir-pikir freak juga ya. Haha (apa biasa aja si?) Dan BM2013 (Bali Marathon 2013) adalah  event 10K pertama saya, ketika saya memutuskan untuk ikut event lari meski sebelumnya udah lumayan banyak event lari yang happening. Ternyata, ikutan event lari itu quiet fun! Karena awalnya saya menganggap saya itu solo-runner. Alias ga bisa lari bareng-bareng. Kalo udah lari bareng-bareng itu rasanya sesak napas. (Hihi, payah yes). Jadi sempet not taking attention sama berbagai event lari yang ada. Setelah ikut event BM2013 (itu juga karena BALI nya), mulai deh, ikut-ikutan event lari dari mulai yang gratis sampe yang bayar. Dari mulai yang pasti dapet medali sampai yang cuma dapet kaos aja. Emang si event lari, dulu ga se aneh-aneh sekarang. Paling start di monas, sepanjang sudirman trus balik lagi. Ga kaya sekarang yang ada color run, music run, sampai yang mau bajak Jakarta. Hihi. Makin ke sini, ya saya makin selektif ikut event lari. Selain, bokek jugaa kalo diikutin semua. Mending lari lucu-lucu an aja di Senayan sore-sore, atau CFD Minggu Pagi. Bayar parkir cuma lima ribu, bisa juga kok menikmati suasana sehat di ibukota. Hehe. Ditutup dengan makan mendoan atau bakso malang. O, guys, i do really miss my running time.

Dan sempet ngerasain gak enak juga pas Ramadhan Night Run, karena lari nya juga bareng kendaraan bermotor tuh. Tapi over all event lari nya berlangsung aman, nyaman, dan tampil beda. Mungkin karena malam juga kali ya. Kalo ga salah start jam 9 atau 10 malam gitu. Logikanya jalanan udah agak sepi. Yahhh, walaupun, sesepi apa si Jakarta, ni kota emang ga ada matinya. Sempet sii ada yang komplen jalanan jadi rada macet, tapi bukan bermaksud membela diri, tapi jalanan macet juga ga lepas dari peran Sahur On The Road yang ugal-ugalan kok. Hehe.

Nah, balik lagi ke #bajakJKT2014 yang udah bikin pelarinya feelin guilty karena dihujat korban macet, kadang ga habis pikir, masih ada aja tu yang membela diri dengan “yah, kalo ngerasa ga nyaman lari kenapa dilanjutin” atau “komentarnya terlalu lebay” karena sape juga tauuu kaliii, kalo emang salah banget nutup jalanan Hari Sabtu Sore di pusat Ibukota pulak. Appreciate lah sama yang merasa bersalah karena telah menjadi salah satu bagian penyebab kemacetan. Dan yang tidak berbangga sedikit pun telah menjadi bagian dari itu. Heran sama yang tetep asik dan ga ngerasa bersalah sama sekali. (ini gara-gara baca komen blog salah satu blogger, ternyata banyak juga yang kontra. *surprise*)

Beberapa langganan #bajakJKT mungkin bakal stop ikutan next event nya. Sebagian bisa saja masih optimis, mereka (si perusahaan logo centang) pasti bakal koreksi diri dan do better di event selanjutnya. Kita lihat aja nanti. Kalo persiapannya dan perencanaannya baik ga ada salahnya ikutan (soalnya belum pernah ikutan nih. haha). Tapi kalau mencurigakan? Ya, semoga kita bukan salah satu yang terjebak. Kalau mereka stop ga bakal bikin event lari lagi? Ya udah, masih adaaa event-event lari lainnya yang pasti ga kalah seru. Gak ikut salah satu event lari hits ga bikin eksistensi kita berkurang kok. Paling koleksi foto #selfie aja yang kurang. Wkwkwk. (Asli, saya bukan salah satu anggota #selfiepaslari Benerannn dehhh. Lah selfie pas lagi kece aja males banget. Hah? Lagi kece? Maksudnya begimana si).

Ah, sudah lah mari kita tidur. Sekedar update, karena lagi cuti lari, seneng juga masih bisa share tentang lari di sini. Mudah-mudahan ke depannya lebih rajin. Rajin post blog maksudnya. Doakan ya, cuti larinya menghasilkan investasi dunia paling berharga sebagai bekal di akhirat. Amiin.

Posted in Oh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s